Comscore Tracker

Kelebihan Raphael Varane yang Bisa Untungkan MU

Varane kaya dengan pengalaman

Jakarta, IDN Times - Setelah berkutat dalam spekulasi, akhirnya kepastian itu datang. Manchester United mengumumkan kedatangan Raphael Varane dari Real Madrid. Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan resmi Madrid yang menyebut siap melepas Varane.

"Real Madrid dan Manchester United mencapai kesepakatan dalam transfer Raphael Varane. Kami berterima kasih atas profesionalisme dan juga sumbangsihnya selama 10 tahun bermain di Real Madrid. Semoga selalu mendapatkan yang terbaik," begitu pernyataan Madrid di situs resminya.

Sekarang, mari kita telisik bersama, apa yang bisa disumbangkan oleh Varane untuk MU?

1. Bek yang kalem

Kelebihan Raphael Varane yang Bisa Untungkan MUinstagram/raphaelvarane

Sebagai seorang bek, Varane adalah pemain yang kalem. Alih-alih bermain agresif, dia cenderung lebih pasif. Gaya mainnya elegan, lebih senang menjaga posisi ketimbang terpancing untuk menekan lawan di luar area pertahanan.

Kendati pasif, bukan berarti Varane tidak melakukan apa-apa di lini pertahanan. Pemahaman taktikal serta kemampuan membaca permainannya terbilang mumpuni, membuatnya kerap melepaskan tekel dan intersep di momen-momen krusial.

Tercatat, sepanjang musim lalu, Varane menorehkan rataan tekel sebesar 0,7 kali per laga dan intersep sebanyak 1,1 kali per laga. Selain itu, dengan kemampuan membaca permainannya, dia kerap bisa mengatasi serangan balik lawan.

Baca Juga: Setelah Varane, Manchester United Kini Bidik Jules Kounde

2. Postur atletis sebagai bek

Kelebihan Raphael Varane yang Bisa Untungkan MUInstagram.com/raphaelvarane

Selain pandai membaca permainan, Varane juga punya fisik yang mumpuni sebagai seorang bek. Dengan tinggi badan 191 sentimeter, dia layaknya tembok besar yang menjadi penghalang bagi lawan untuk menembus lini pertahanan.

Dengan kondisi fisiknya yang bagus pula, Varane kerap jadi andalan dalam duel-duel udara. Sepanjang musim lalu di Madrid, dia mampu menorehkan rataan duel udara sukses sebanyak 2,2 kali.

Dari catatannya ini, Varane tampaknya cukup bisa diandalkan Setan Merah dalam bertahan maupun menyerang dari situasi bola mati. Selain itu, dia juga berani berduel secara fisik dengan penyerang-penyerang lawan.

3. Solusi pertahanan MU

Kelebihan Raphael Varane yang Bisa Untungkan MUpotret Raphael Varane bersama Timnas Prancis(teamtalk.com)

Dengan karakternya ini, Varane dianggap sebagai puzzle yang hilang MU. Dia bisa jadi tandem pas bagi Harry Maguire, yang gaya mainnya agresif. Duet dengan Maguire bisa menjadi versi baru Varane-Ramos.

Bukan hanya itu, Varane juga memiliki sesuatu yang tidak dimiliki bek-bek MU yang lain, yaitu pengalaman. Dengan status sebagai peraih trofi Liga Champions dan Piala Dunia, Varane akan memberikan dimensi baru di lini pertahanan MU.

Baca Juga: MU Akhirnya Resmi Umumkan Kedatangan Raphael Varane

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya