Kenapa Chelsea Hancur Lebur oleh West Bromwich Albion?

Chelsea selalu tak berdaya lawan West Brom

Jakarta, IDN Times - Entah apa yang terjadi dengan Chelsea di pekan 30 Liga Inggris 2020/21. Berhadapan dengan West Bromwich Albion di Stamford Bridge, Sabtu (3/4/2021) malam, mereka hancur lebur dengan skor 2-5.

Akibat hasil ini, catatan apik Thomas Tuchel bersama Chelsea pun terputus. Tidak cuma itu, West Brom benar-benar jadi momok buat The Blues musim ini. Kenapa demikian?

Kekalahan ini seolah mengulang lagi memori buruk Chelsea di pertemuan pertama kedua tim. Saat bersua di The Hawthorns, 26 September 2020, Chelsea harus rela ditahan imbang West Brom dengan skor 3-3. Malah, mereka sempat tertinggal 3-0 lebih dulu.

Apa yang sebenarnya membuat Chelsea begitu inferior dari West Brom musim ini?

Baca Juga: Chelsea Dihajar West Brom 2-5, S. Allardyce Puji Pemain

1. Repotnya Chelsea menghadapi serangan balik West Brom

Kenapa Chelsea Hancur Lebur oleh West Bromwich Albion?Pemain Chelsea Timo Werner dihadang pemain West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (3/4/2021). Chelsea kalah dari West Bromwich Albion 2-5. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Mike Hewitt

Dua kali menghadapi West Brom musim ini, selalu ada pola yang berulang di skuat Chelsea. Entah ketika ditangani Frank Lampard atau Thomas Tuchel, pola itu tetap sama: Chelsea kerepotan menghadapi serangan balik West Brom.

Jadi, baik itu di pertemuan pertama maupun kedua, Chelsea selalu mendominasi laga. Mereka juga banyak menciptakan peluang dan menggempur pertahanan West Brom secara konstan. Namun, dominasi ini yang justru jadi petaka buat Chelsea.

Acapkali, West Brom menemukan lubang-lubang yang bisa dimanfaatkan dengan baik di lini pertahanan Chelsea. Ditopang oleh pemain-pemain berkecepatan mumpuni macam Callum Robinson maupun Matt Phillips, mereka mampu mendobrak pertahanan Chelsea.

Baca Juga: Jelang Chelsea Vs West Brom Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

2. Callum Robinson jadi nemesis bagi Chelsea

Kenapa Chelsea Hancur Lebur oleh West Bromwich Albion?footballfancast.com

Robinson juga jadi sosok yang patut disorot dalam pertemuan Chelsea-West Brom di musim 2020/21 ini. Bayangkan saja, dari dua pertemuan, sosok berusia 26 tahun itu mampu membobol gawang 'Si Biru' sebanyak empat kali.

Uniknya lagi, hampir semua proses gol Robinson sama. Ia jadi finisher dari setiap serangan balik yang dilepaskan West Brom ke gawang Chelsea. Penempatan posisi, penyelesaian akhir, ditambah kemampuannya melepaskan diri dari bek, membuat Robinson sukses jadi momok buat Chelsea.

3. Thiago Silva jadi pesakitan

Kenapa Chelsea Hancur Lebur oleh West Bromwich Albion?Pemain Chelsea Thiago Silva berebut bola dengan pemain West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (3/4/2021). Chelsea kalah dari West Bromwich Albion 2-5. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Mike Hewitt

Satu lagi sosok yang patut disorot dari pertemuan Chelsea-West Brom musim ini adalah Thiago Silva. Entah kenapa, setiap berhadapan dengan West Brom, ia kerap jadi pesakitan. Selalu ada kesalahan yang ia lakukan setiap jumpa West Brom.

Pada pertemuan pertama di The Hawthorns, ada satu kesalahan yang ia lakukan, berujung gol Robinson, Di laga ini, ia malah kena kartu merah sehingga Chelsea harus bermain dengan 10 orang, dan lini pertahanan mereka jadi mudah ditembus West Brom.

Memang, tak salah jika menyebut West Brom adalah nemesis bagi Chelsea musim ini. Mereka mampu menjinakkan tim asal London tersebut, meski sudah berganti pelatih.

Baca Juga: Chelsea Paling Berpeluang Dapatkan Jasa Sergio Aguero

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya