Kenapa Puskas Arena Penuh dalam Laga Portugal Vs Hungaria?

Total, 61 ribu orang hadir menonton laga itu

Jakarta, IDN Times - Saat dunia masih dilanda pandemik COVID-19, pemerintah Hungaria menerapkan kebijakan berani. Dalam laga perdana Grup F Piala Eropa 2020 antara Hungaria dan Portugal, mereka mengizinkan Puskas Arena diisi penuh oleh penonton.

Sontak, stadion berkapasitas 61 ribu itu penuh sesak oleh penonton dalam laga yang dihelat Selasa (15/6/2021) malam tersebut. Tidak cuma suporter Hungaria, ada juga sejumlah fans Portugal yang hadir langsung menyaksikan pertandingan ini.

Kenapa pemerintah Hungaria berani memberi izin Puskas Arena diisi penuh seperti itu? Apa saja antisipasi yang sudah mereka lakukan?

Baca Juga: Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat Hungaria

1. Vaksinasi di Hungaria dijalankan dengan masif

Kenapa Puskas Arena Penuh dalam Laga Portugal Vs Hungaria?Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Salah satu hal yang membuat pemerintah Hungaria berani mempersilakan Puskas Arena diisi penuh pada Selasa (15/6/2021) adalah karena proses vaksinasi di Hungaria yang masif. Jelang Piala Eropa 2020 ini, 5,3 juta penduduk Hungaria sudah mendapatkan vaksin.

Dilansir Independent, Hungaria memaksimalkan stok vaksin yang sudah mereka dapat dari Rusia dan Tiongkok. Menilik angka itu, dari total 9,8 juta jiwa, tampak sudah lebih dari setengah penduduk Hungaria telah melalui proses vaksinasi.

Berkat vaksinasi masif ini pula, pemerintah Hungaria sudah mengizinkan masyarakatnya untuk beraktivitas di luar ruangan secara bebas. Masyarakat sudah bisa makan di restoran maupun menonton film di bioskop.

2. Protokol kesehatan yang ketat tetap dijalankan

Kenapa Puskas Arena Penuh dalam Laga Portugal Vs Hungaria?Suasana Puskas Arena. (twitter.com/SquawkaNews)

Kendati sudah mengizinkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan, buah dari vaksinasi masif ini, pemerintah Hungaria tetap menegakkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya tampak dari kebijakan yang mereka terapkan buat fans di Puskas Arena demi menonton Portugal versus Hungaria.

Bagi penonton yang berasal dari Hungaria, diwajibkan memakai gelang yang mengindikasikan mereka sudah divaksin dan memiliki hasil negatif tes PCR. Sedangkan bagi fans dari luar negeri, mereka diwajibkan membawa hasil tes PCR negatif minimal 72 jam sebelum kick-off pertandingan.

Jadi, bukan berarti fans diperbolehkan begitu saja datang ke stadion. Ada beberapa antisipasi yang sudah diterapkan oleh pemerintah Hungaria, sebelum akhirnya mereka berani mempersilakan fans memenuhi Puskas Arena.

3. Pertandingan dimenangkan Portugal

Kenapa Puskas Arena Penuh dalam Laga Portugal Vs Hungaria?Portugal vs Hungaria. (twitter.com/EURO2020)

Laga Hungaria lawan Portugal yang disaksikan langsung oleh 61 ribu fans di Puskas Arena, Selasa (15/6/2021), berlangsung seru. Sepanjang laga, Hungaria mampu menahan gempuran Portugal yang dikomandoi Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, serta Bruno Fernandes.

Namun, pada akhirnya Portugal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. Ronaldo keluar sebagai pahlawan kemenangan Portugal dengan brace, plus satu gol yang dicetak oleh Raphael Guerreiro.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor di Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya