Comscore Tracker

Kesempurnaan Ajax dan Liverpool di Fase Grup Liga Champions

Ajax dan Liverpool selalu menang

Jakarta, IDN Times - Dua tim menorehkan catatan impresif di fase grup Liga Champions 2021/22. Mereka adalah Liverpool dan Ajax Amsterdam. Selama fase grup, mereka sama sekali tidak tersentuh kekalahan. Jangankan kalah, mereka tidak pernah meraih hasil imbang pula.

Ajax dan Liverpool sejatinya sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions 2021/22. Namun, mereka ternyata memilih untuk menutup fase grup Liga Champions dengan sempurna. Tidak tanggung-tanggung, mereka mencatatkan 100 persen kemenangan di fase grup.

1. Liverpool jadi tim Inggris paling sempurna di fase grup

Kesempurnaan Ajax dan Liverpool di Fase Grup Liga ChampionsTim Liverpool, (Twitter/LFC)

Liverpool sukses menorehkan poin sempurna di fase grup Liga Champions 2021/22. Dari enam laga yang sudah dilakoni, mereka selalu mencatatkan kemenangan. Catatan ini pun membawa mereka kepada sebuah rekor.

Liverpool jadi tim pertama asal Inggris yang sukses menyapu laga fase grup dengan kemenangan. Sebelumnya, tidak ada tim Inggris lain yang mampu menorehkan catatan serupa. Paling banter, mereka menorehkan lima atau empat kemenangan sepanjang fase grup.

Baca Juga: Janji Setia Mohamed Salah untuk Liverpool

2. Ajax juga catatkan sejarah

Kesempurnaan Ajax dan Liverpool di Fase Grup Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Selain Liverpool, Ajax juga mencatatkan sejarah di fase grup Liga Champions 2021/22. Mereka sukses mengakhiri babak grup dengan sempurna, tanpa kekalahan dan hasil imbang. Sama seperti The Reds, Ajax juga sempurna. Namun, kesempurnaan Ajax ini lebih spesial.

Ajax jadi tim kedua dari luar lima liga top Eropa, setelah Spartak Moskow, yang mampu mengakhiri fase grup Liga Champions dengan kesempurnaan. Spartak pernah melakukannya pada musim 1995/96, dan sekarang raihan itu diulangi Ajax.

3. Mampukah Ajax dan Liverpool melangkah jauh?

Kesempurnaan Ajax dan Liverpool di Fase Grup Liga ChampionsPesepak bola Liverpool Jordan Henderson (kiri), Trent Alexander-Arnold (kedua kanan), dan Thiago Alcantara (kanan) terlihat kecewa setelah pertandingan usai meawan Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (3/2/2021. Brighton & Hove Albion berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Steven Alzate. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Phil Noble

Setiap tim yang meraih kesempurnaan di fase grup Liga Champions, tidak semuanya keluar sebagai juara. Hanya Bayern Munich yang mampu melakukannya pada musim 2019/20. Sisanya, paling mentok hanya melaju sampai semifinal.

Dengan kualitas yang dimiliki Ajax dan Liverpool sekarang, minimal mereka semestinya bisa melaju ke perempat final Liga Champions. Namun, semua juga tergantung lawan yang mereka hadapi. Apalagi, fase gugur juga acap menghadirkan tekanan tersendiri.

Baca Juga: Manchester United Cuma Jadi Godaan Buat Pelatih Ajax

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya