Kick Off Liga 1 2021/22, LIB Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19

LIB upayakan Liga 1 bergulir Agustus

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah menanti rekomendasi baru dari Satgas COVID-19 soal Liga 1 2021/22. Mereka juga telah mengajukan proposal baru agar rekomendasi bisa cepat turun.

"Kami minta rekomendasi baru dari Satgas. Kita sudah masukkan proposal juga. Di dalamnya, dijelaskan liga berjalan tanggal segini-segini. Alasannya berkaitan dengan industri sepak bola, Timnas, hiburan rakyat, dan faktor ekonomi juga," ujar Akhmad kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

1. LIB harap rekomendasi turun segera

Kick Off Liga 1 2021/22, LIB Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19Direktur Operasional PT LIB Sudjarno bersama jajaran direksi LIB berkunjung ke Kantor Kepatihan. IDN Times/Tunggul Damarjati

Akhmad berharap, rekomendasi dari Satgas bisa segera turun, maksimal Agustus mendatang. Tentunya, hal itu juga disertai situasi melandainya kasus COVID-19 di Indonesia. Sebab, jika rekomendasi turun September, animo musim 2021 akan menghilang.

"Kita harapkan ini (kasus COVID-19) melandai. Ke depan juga nantinya prokes akan diperketat lagi. Jadi, harusnya diizinkanlah gitu. Kalau nanti lewat lagi, jadi September atau Oktober, sudah lewat momentum 2021-nya. Itu jadinya masuk 2022," kata Akhmad.

Baca Juga: Prokes Klub Jadi Kunci Perhelatan Liga 1 dan Liga 2 2021/22

2. LIB optimistis Liga 1 bisa digelar

Kick Off Liga 1 2021/22, LIB Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19Persija vs Persib. (ligaindonesiabaru.com)

LIB saat ini tengah berusaha keras agar bisa menggelar Liga 1 pada Agustus 2021. Walaupun ada wacana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 17 Agustus 2021, operator tetap siap memulai kick-off jika ada lampu hijau dari pemerintah.

"Hingga saat ini, kan belum ada ketuk palu mengenai perpanjangan itu (PPKM Darurat), nanti kita lihat saja. Harapan kami, pertengahan Agustus sudah bisa digelar pertandingannya,” kata Akhmad.

3. LIB minta izin agar klub bisa latihan di tengah PPKM

Kick Off Liga 1 2021/22, LIB Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (depan) menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sejauh ini, persiapan tim-tim yang mangkrak karena tak bisa menggelar latihan di tengah PPKM Darurat, Akhmad mengungkapkan jika pihaknya terus mengupayakan izin. Terlebih, tim memang butuh waktu untuk mempersiapkan diri sebelum kompetisi digelar.

"Pada saat PPKM Darurat ini klub belum bisa latihan. Tapi, ke depan mudah-mudahan tim bisa diizinkan melakukan persiapan sambil menunggu lampu hijau kompetisi. Setidaknya, klub bisa berlatih dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," bebernya.

LIB terus berusaha menyelesaikan proposal untuk meyakinkan kompetisi bisa segera bergulir. Mereka ingin, sebelum PPKM Darurat ini selesai, klub-klub sudah mengetahui jadwal kick-off Liga 1 2021/22.

Baca Juga: [BREAKING] Liga 1 dan Liga 2 2021/22 Ditunda Hingga Akhir Juli

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya