Klub-klub Liga 1 Bantu Masyarakat di Tengah Pandemik COVID-19

Ragam bantuan diberikan klub Liga 1

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 menghantam semua pihak. Banyak yang akhirnya tergerak memberikan bantuan kepada masyarakat, seperti klub-klub Liga 1. Beberapa klub, seperti Bali United, Arema, dan Persebaya, melakukan beberapa langkah demi membantu masyarakat melalui pandemik COVID-19 ini. Ada yang memberikan bantuan langsung, ada juga yang menyediakan vaksin gratis untuk masyarakat.

1. Persebaya mengadakan dua kali vaksinasi massal

Klub-klub Liga 1 Bantu Masyarakat di Tengah Pandemik COVID-19ilustrasi vaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021) (IDN Times/Herka Yanis).

Dilansir situs resmi klub, Persebaya tercatat sudah dua kali melakukan vaksinasi massal. Yang pertama, mereka bekerja sama dengan Kodam V Brawijaya. Sedangkan pekan lalu mereka bekerja sama dengan Polrestabes Surabaya.

Sudah 1.000 orang menjalani vaksinasi lewat program yang dicanangkan Persebaya ini. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyuarakan agar para suporter, khususnya suporter Persebaya, mau melakoni program vaksinasi ini.

"Di kondisi sekarang saya mengajak suporter untuk mematuhi segala aturan pemerintah. Saya juga meminta suporter untuk segera vaksin. Bayangkan semua suporter di Indonesia divaksin. Itu sama saja dengan memvaksin ratusan sampai jutaan masyarakat Indonesia," tutur Aji.

Baca Juga: Persela Lamongan Gagal Raih Kemenangan Saat Uji Coba Lawan Persebaya

2. Bali United memberikan bantuan kepada masyarakat

Klub-klub Liga 1 Bantu Masyarakat di Tengah Pandemik COVID-19Manajemen Bali United memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak COVID-19. (ligaindonesiabaru.com)

Gerakan lain juga dilakukan Bali United di Pulau Dewata. Selain mencanangkan program vaksinasi yang sudah digelar sejak Kamis (15/7/2021), mereka juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang terlibat dalam gerakan vaksinasi ini.

Bantuan berupa makanan, minuman, masker, dan jersey. Beberapa daerah yang jadi sasaran program Bali United ini adalah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Gianyar. Untuk vaksinasi sendiri, rencananya program itu akan dihelat sampai akhir Juli.

"Bantuan yang kami berikan ini sebagai bentuk kepedulian manajemen Bali United terhadap tenaga medis dan berbagai pihak yang terlibat dalam proses vaksinasi COVID-19. Semoga pemberian vaksinasi COVID-19 bisa memenuhi target pemerintah agar kehidupan masyarakat bisa kembali pulih," ujar perwakilan manajemen Bali United, Richie Kurniawan.

3. Arema FC sediakan ruang promosi di situs resmi

Klub-klub Liga 1 Bantu Masyarakat di Tengah Pandemik COVID-19Tangkapan layar situs resmi Arema promosikan UMKM. (ligaindonesiabaru.com)

Lain Bali United dan Persebaya, lain juga yang dilakukan oleh Arema FC. Mereka menyediakan situs resmi klub, aremafc.com, sebagai tempat bagi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) untuk mempromosikan barang dagangan mereka secara gratis.

Manajemen sadar bahwa UMKM ini juga jadi salah satu sektor yang terdampak pandemik COVID-19. Media Officer Arema FC, Sudarmaji, berharap apa yang dilakukan tim ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di tengah pandemik yang belum kunjung usai ini.

"Pada situasi sulit seperti saat ini, sektor UMKM menjadi bagian penting untuk bertahan. Bertemunya penjual dan pembeli menjadi sisi bahagia demi sebuah kelangsungan. Semoga usaha kita mendapatkan ridho-Nya dan pandemik segera berlalu," ujar Sudarmaji.

Sebelumnya, Arema FC yang kini berkompetisi di Liga 1 itu juga banyak terlibat dalam gerakan sosial di tengah pandemik COVID-19. Mereka pernah membagikan nasi bungkus untuk driver ojek online, menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, penyemprotan disinfektan bagi masyarakat di sekitar kantor Arema FC, serta pembagian sembako di Kabupaten Malang.

Baca Juga: Arema FC Resmi Perkenalkan Carlos Fortes Sebagai Striker Baru   

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya