Comscore Tracker

Komitmen Bonek: Kami Tidak akan Datang ke Stadion

Bonek berjanji akan taat pada peraturan

Jakarta, IDN Times - Kelompok suporter Persebaya Surabaya, Bonek, berkomitmen tidak akan datang ke stadion. Hal ini diutarakan seiring imbauan dari PSSI, Polri, dan Menpora yang melarang suporter datang menontong langsung gelaran Piala Menpora 2021.

Koordinator Green Nord Husein Gazali, menyatakan siap untuk tidak datang ke stadion. Walhasil, berada di grup manapun Persebaya nantinya, Bonek berkomitmen untuk tetap mengikuti peraturan.

"Komitmen kita soal kemanusiaan tidak main-main, kalau memang peraturannya (dilarang ke stadion) seperti itu ya kita siap. Mau main di mana pun ya kita tidak akan datang ke stadion. Justru tim Persebaya yang harus siap untuk main di mana pun," ujar Cak Cong, sapaan akrab Husein, disitat dari situs resmi Persebaya.

1. Husein yakin teman-teman Bonek juga paham

Komitmen Bonek: Kami Tidak akan Datang ke StadionSumber Gambar: persebaya.co.id

Lebih lanjut, Cak Cong juga yakin rekan-rekan Bonek yang lain paham akan peraturan ini. Apalagi, ini semua demi kesehatan bersama dan demi turunnya izin Liga 1 dan Liga 2 2021. Namun, ia juga minta ada hukuman yang jelas bagi pihak-pihak yang melanggar.

"Teman-teman Bonek sudah lebih paham. Saya yakin teman-teman tau apa yang harus dilakukan. Agar pramusim ini berjalan lancar. Yang paling penting ada aturan yang jelas dulu, jangan yang disalahkan hanya klub dan suporternya," ujar Cak Cong.

Baca Juga: Belajar Menerjemahkan Rivalitas dari Persela Fans dan Bonek Mania

2. Green Nord aktif berkampanye soal penanggulangan COVID-19

Komitmen Bonek: Kami Tidak akan Datang ke StadionSumber Gambar: persebaya.co.id

Sejak awal pandemik COVID-19 pada Maret 2020 lalu, Bonek, khususnya Green Nord, aktif berkampanye untuk membantu penanggulangan COVID-19 di Surabaya. Mereka aktif membagikan masker serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan.

Tidak hanya itu, mereka juga rutin melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya virus corona. Selain berkomitmen untuk tidak hadir ke stadion, ia juga yakin Bonek bisa berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Bisa dilihat kegiatan Bonek selama pandemik. Kita komitmen sejak awal untuk menekan angka penularan COVID-19. BNPB sampai Satgas COVID-19 nasional juga percaya sama Bonek dan menjadikan kita partner," beber Cak Cong.

3. Piala Menpora 2021 akan disiarkan langsung di TV

Komitmen Bonek: Kami Tidak akan Datang ke StadionLiga-Indonesia.id

Piala Menpora 2021 rencananya akan menggelar 48 pertandingan. Semua pertandingan akan disiarkan secara live di TV, baik itu dalam bentuk Free to Air (Antenna UHF), IPTV atau Pay TV, serta lewat Streaming via HP.

Hal ini seiring dengan upaya dari PSSI dan PT LIB yang mengajak agar suporter menonton dari rumah. Iriawan berharap, semua pihak berkomitmen dalam mendukung kesuksesan Piala Menpora 2021 agar nanti izin Liga 1 dan Liga 2 dapat keluar.

"Bagaimana Liga 1 nantinya akan bergulir, nantinya secara khusus akan ada lagi pertemuan dengan para petinggi klub. Tapi, ini (Liga 1 dan Liga 2) bisa bergulir jika turnamen pramusim (Piala Menpora 2021) berjalan lancar. Saya mohon komitmen semuanya," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga: Jatim Nihil Zona Merah COVID-19, Doni Apresiasi Bonek dan Tokoh Agama

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya