Kompetisi Liga 1 Tak Pasti, Ini Pemain yang Hengkang ke Luar Negeri 

Makin banyak pemain Liga 1 ke luar negeri

Jakarta, IDN Times - Belakangan ini, berita-berita mengenai pemain Liga 1, baik itu asing maupun lokal, yang hengkang ke luar negeri marak terdengar. Bahkan sampai sekarang kabar-kabar itu masih berseliweran.

Akibat dari ketidakpastian kompetisi di Indonesia, banyak pemain yang mentas di Liga 1 akhirnya memutuskan untuk hijrah ke luar negeri. Selain Malaysia, beberapa negara di Eropa pun jadi tujuan dari para pemain ini.

David da Silva, Makan Konate, Diogo Campos, Syahrian Abimanyu, Ryuji Utomo, Todd Ferre, dan Asnawi Mangkualam adalah sekian dari banyaknya pemain asing dan lokal Liga 1 yang memutuskan hijrah ke luar negeri. Dari pada berkubang dengan ketidakpastian, mereka memilih untuk menentukan nasib sendiri.

Kini, beberapa pemain lokal dan asing ada yang mulai menyusul pemain-pemain tersebut hengkang ke luar negeri. Ada yang dipinjamkan oleh klubnya, ada juga yang memang direkrut oleh klub luar negeri. Siapa sajakah mereka?

1. Aleksandar Rakic

Kompetisi Liga 1 Tak Pasti, Ini Pemain yang Hengkang ke Luar Negeri liga-indonesia.id

Aleksandar Rakic mengikuti jejak Geoffrey Castillion dan Melvin Platje yang dipinjamkan ke klub luar negeri. Barito Putera, klub tempat Rakic sekarang bernaung, meminjamkan pemainnya itu ke salah satu klub di Liga Bosnia-Herzegovina, FK Krupa.

Dilansir situs resmi klub, manajemen meminjamkan Rakic karena belum adanya kepastian soal sepak mula Liga 1. Alhasil, Barito mesti meminjamkan Rakic agar kondisi kebugarannya ini tetap terjaga. Rakic akan dipinjamkan sampai Mei 2021 nanti.

"Kalau pemain asing karena jauh dari kami, mereka bisa menjaga kebugaran dengan mengikuti liga setempat, kami pinjamkan," ujar CEO Barito, Hasnuryadi Sulaiman.

Baca Juga: LIB Harap Izin Pramusim Liga 1 Dan Liga 2 Segera Turun   

2. Flavio Beck Junior

Kompetisi Liga 1 Tak Pasti, Ini Pemain yang Hengkang ke Luar Negeri ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

PSIS Semarang juga melakukan langkah yang sama dengan Barito. Mereka meminjamkan salah satu pemain asingnya, Flavio Beck Junior ke klub asal Liga Kroasia, NK Solin. Flavio dipinjamkan sampai nanti ada kepastian soal kelanjutan Liga 1.

CEO PSIS, A.S. Sukawijaya mengungkapkan, jika nanti Liga 1 bergulir lagi, Flavio tetap memperkuat PSIS. Ia berujar, peminjaman ini dilakukan untuk menjaga kebugaran sang pemain di tengah ketidakpastian soal kompetisi.

"(Peminjaman) ini memberi dampak positif bagi semua pihak. Saat kembali ke Semarang nanti, diharapkan (Flavio) sudah siap 100 persen," ujar pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu.

3. Nathanael Siringoringo

Kompetisi Liga 1 Tak Pasti, Ini Pemain yang Hengkang ke Luar Negeri IDN Times/Doni Hermawan

Setelah Ryuji dan Syahrian, ada satu lagi pemain Indonesia yang mendapatkan kesempatan bermain di Malaysia. Ia adalah Nathanael Siringoringo. Pemain kelahiran September 1999 itu resmi direkrut oleh Kelantan FC.

Pengumuman mengenai perekrutan Nathanael ini diwartakan Kelantan lewat akun Instagram resmi mereka. Kelantan sendiri saat ini tengah berlaga di Malaysia Premier League, dengan target naik ke Super League musim depan.

"(Nathanael) merupakan bekas pemain futsal profesional di bawah SDR FC Binjai dalam liga Pro Futsal League Indonesia (PFL). Pernah dipanggil untuk mengikuti seleksi skuat Timnas Indonesia dalam persiapan SEA Games 2019. Ia juga satu-satunya pemain yang pernah dipanggil untuk skuat Timnas Futsal dan Sepak Bola Indonesia," tulis Kelantan dalam akun Instagramnya.

4. Miftah Anwar Sani

Satu lagi pemain asal Indonesia yang berkesempatan menimba pengalaman di Eropa. Setelah Bagus Kahfi, Brylian Aldama, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman, kini giliran Miftah Anwar Sani yang membuka jalan menuju benua biru.

Miftah rencananya akan bermain di klub asal Bosnia, FK Sloboda Tuzla. Ia akan dikontrak sampai Juni 2021, sekaligus menjadi pemain asli Indonesia pertama yang bermain di Liga Bosnia.

Berikut adalah deretan pemain-pemain Liga 1 yang menyusul berkarier ke luar negeri. Jika ketidakpastian soal kompetisi ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan banyak lagi pemain lain yang hijrah ke luar negeri.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingin Liga 1 dan Liga 2 Bergulir Lagi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya