Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023

AFC punya aturan tersendiri soal stadion

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat, tepatnya awal September 2022, AFC akan berkunjung ke Indonesia. Konfederasi Sepak Bola Asia itu akan melakukan inspeksi ke beberapa stadion demi menindaklanjuti keinginan Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"Pada 1 Agustus 2022 kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka. AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertanding," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi.

Indonesia akan bersaing dengan Australia, Korea Selatan, dan Qatar, sebagai calon tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia bisa menang, asalkan memiliki banyak stadion berkualifikasi Asia agar bisa menggelar ajang tersebut.

Tapi, seperti apa, sih, sebenarnya kualifikasi stadion level Asia itu? AFC sudah mengatur hal ini dalam manual mereka bernama AFC Stadium Regulations. Manual ini mesti dipenuhi agar anggota AFC, bisa menggelar laga-laga level Asia.

1. Panduan yang lengkap bagi stadion di Asia

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023Suasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

AFC Stadium Regulations ini adalah panduan yang mesti dipenuhi agar stadion bisa menggelar laga-laga level Asia, seperti Liga Champions Asia, AFC Cup, hingga Piala Asia. Pembahasan dalam panduannya pun sangat lengkap.

Di dalamnya, ada panduan mengenai bagaimana rumput di stadion, penerangan di stadion, sistem drainase dan pengairan rumput, serta fasilitas-fasilitas lain yang mesti ada di dalam stadion. Bahkan, diatur pula soal lokasi stadion.

Baca Juga: Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di Indonesia

2. Pembahasan soal rumput dan lokasi stadion

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023IDN Times/Reynaldy Wiranata

Berdasarkan AFC Stadium Regulations, masalah lokasi stadion jadi perhatian di bagian awal. Stadion tidak boleh jauh dari bandara internasional (maksimal jarak 200 kilometer). Perjalanan dari bandara internasional ke stadion tak boleh lebih dari 2,5 jam.

Untuk rumput stadion, berdasarkan regulasi ini, harus menggunakan alami 100 persen. Jikalau ingin memakai rumput sintetis, harus mengacu pada FIFA Quality Programme for Football Turf agar dapat sertifikasi FIFA.

Selain itu, sistem drainase air dan pengairan rumput juga jadi fokus yang mesti dipenuhi. Hal ini untuk menjaga kualitas kesegaran rumput, serta menjaga agar ketika hujan turun, stadion tidak tergenang air.

3. Pencahayaan dan aspek elektronik stadion

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023oumagz.com

Selain rumput, pencahayaan dalam stadion juga diatur dalam regulasi ini. Untuk lampu, agar bisa menggelar laga sekelas Piala Asia, stadion harus memiliki pencahayaan sekira 1.800 sampai 2.400 lux. Stadion juga harus memiliki papan skor dan waktu elektrik.

Pencahayaan dan aspek elektronik di stadion ini harus ditopang sumber daya listrik yang kuat. Selain itu, mesti ada ruangan Control Room selaku ruang pengawas keseluruhan stadion. CCTV juga harus tersedia di stadion.

4. Tribune bagi media dan juga ruang ganti

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023Suasana persiapan acara kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Selain fasilitas-fasilitas di atas, stadion berlevel Asia yang sesuai AFC Stadium Regulations juga harus memiliki ruang ganti pemain dan wasit. Ruang ganti ini harus memiliki toilet, papan taktikal, tempat mandi, dan kulkas.

Selain itu, ruang pertemuan bagi perwakilan AFC, bangku bagi AFC Match Commissioner dan Referee Assessor, dan bangku cadangan yang bisa menampung 20 orang, harus tersedia di stadion. Area parkir yang luas juga jadi syarat utama.

Khusus untuk media dan broadcaster, area tribune, ruang media, area fotografer, juga diatur dalam regulasi stadion AFC ini. Koneksi internet juga jadi hal yang mutlak, bagi itu di ruang media maupun di area fotografer.

Selain itu, stadion juga mesti dilengkapi area mixed zone, ruang konferensi pers yang bisa menampung 70 orang dengan pengaturan kursi dan meja di kelas kampus, backdrop AFC, dan sound system yang menunjang. Harus tersedia juga tempat bagi wartawan TV mengoperasikan kamera.

5. Tribune penonton dan sistem keamanan juga diatur

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023Suasana pembukaan Piala Presiden 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam regulasi ini, diatur pula mengenai tribune bagi penonton. Tribune harus kuat, dan celah di antara bangku penonton harus lebar, sehingga gerak penonton bisa lebih leluasa.

Minimal kapasitas tribune adalah 5.000, dilengkapi juga dengan kantin di dalam stadion, serta toko merchandise, dipadukan dengan jalan masuk dan keluar stadion yang apik, adalah hal yang mesti ada. Jangan lupa pula tribune untuk difabel.

Untuk keamanan, inspeksi sebelum laga harus dijalankan pihak kepolisian setempat, bekerja sama dengan panitia pelaksana pertandingan. Pihak keamanan juga berhak melarang seseorang yang dianggap berbahaya masuk ke stadion.

Baca Juga: AFC Umumkan Tuan Rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober

6. Mampukah Indonesia memenuhi ini?

Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023Stadion Si Jalak Harupat Kandang Persib (IDN Times/Galih Persiana)

Sejatinya, sebelum gelaran Piala Asia 2023, Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tentu, syarat-syarat yang ditetapkan FIFA untuk stadion dalam ajang itu tak akan beda jauh dengan syarat untuk Piala Asia 2023.

Stadion-stadion bekas Piala Dunia U-20 2023, tentu bisa digunakan untuk gelaran Piala Asia 2023 mendatang. Nah, sekarang tinggal persiapan dari Indonesia saja. Akankah mereka memiliki daya tawar kuat pada AFC dalam proses inspeksi kelak?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya