Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main Juni

Awalnya, laga kualifikasi akan berlangsung pada Maret

Jakarta, IDN Times - AFC selaku otoritas sepak bola Asia memutuskan menunda dua pertandingan Timnas Indonesia dalam gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Dua pertandingan itu melibatkan Thailand dan Uni Emirat Arab (UEA).

Indonesia sebelumnya dijadwalkan menghadapi Thailand dan UEA pada Maret 2021. Laga lawan Thailand akan digelar pada 25 Maret, sedangkan laga lawan UEA dihelat pada 30 Maret.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, laga lawan Thailand ditunda menjadi 3 Juni, sedangkan laga lawan UEA menjadi 11 Juni.

1. AFC putuskan laga kualifikasi digelar terpusat

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main JuniSuasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

AFC juga sudah memutuskan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia bakal dilakukan secara terpusat. Mereka akan melakukan bidding untuk penentuan tuan rumah pada 19 Februari 2021.

"Ini tentu semua terkait dengan pandemik COVID-19 yang belum mereda dan beberapa negara tentu akan kesulitan masuk ke negara lain terkait protokol kesehatan setiap negara,’’ ujar Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 dan Liga 2 Tanpa Penonton serta Nobar

2. PSSI setuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar Juni

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main JuniTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Yunus sebelumnya mengatakan PSSI setuju jika Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia dimundurkan menjadi Juni 2021. Hal itu berdasarkan usulan yang diajukan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Asalkan ada syarat yang terpenuhi.

"Bila negara-negara lain menyepakati demikian, maka PSSI menyetujui dan menghargainya," kata Yunus.

3. FAM sempat usulkan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 dimundurkan

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main JuniAksi Timnas U-22 Malaysia di Grup A SEA Games 2019, Jumat (29/11) malam. Twitter/FAM_Malaysia

Dalam keterangan di media Malaysia, New Straits Times, FAM memang berinisiasi untuk memundurkan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Inisiasi ini didasari oleh pertimbangan dari AFC dan FIFA, apakah mereka akan melanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Maret atau Juni.

Selain itu, FAM juga ingin agar sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia digelar secara terpusat. Berarti, akan ada negara yang menjadi tuan rumah. Dikabarkan, Thailand, UEA, dan Malaysia siap diserahi tanggung jawab menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia sendiri masih menyisakan tiga laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia ini. Mereka masih harus menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Meski sudah tidak mungkin lolos ke babak selanjutnya, setidaknya Timnas Indonesia harus tampil maksimal di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini untuk memperbaiki peringkat FIFA. Selain itu, hasil kualifikasi ini juga berpengaruh terhadap Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Asisten Pelatih Timnas Indonesia Minta Maaf Usai Kritik PSSI di Medsos

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya