La Nyalla Pertanyakan Dana Piala Dunia U-20 Sebesar Rp500 M

La Nyalla minta adanya transparansi kecil

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia. Batalnya perhelatan akbar ini membawa sejumlah konsekuensi logis. Salah satunya soal anggaran yang telah digelontorkan dari APBN untuk persiapan ajang tersebut.

Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, ingin agar ada pertanggungjawaban terkaitdana Piala Dunia U-20 2023 dari APBN ini. Sekadar informasi, ada dana Rp500 miliar yang dianggarkan untuk ajang ini.

"Saya meminta agar dana persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang diambil dari APBN agar dipertanggungjawabkan secara transparan," kata La Nyalla dalam keterangan resminya, Selasa (4/4/2023).

1. Transparasi penggunaan dana ini penting

La Nyalla Pertanyakan Dana Piala Dunia U-20 Sebesar Rp500 MLa Nyalla Mattalitti paparkan program kerja di hadapan Asprov. (dok. Tim Media La Nyalla)

Menurut LaNyalla, transparansi penggunaan dana tersebut penting untuk disampaikan secara terbuka kepada publik. Apalagi, Piala Dunia U-20 2023 juga urung terlaksana di Indonesia.

"Jadi, pihak-pihak terkait wajib menyampaikan secara terbuka kepada publik terkait penggunaan dana tersebut yang dialokasikan untuk persiapan menyambut event Piala Dunia U-20," kata La Nyalla.

Baca Juga: FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

2. Untuk menghindari polemik baru

La Nyalla Pertanyakan Dana Piala Dunia U-20 Sebesar Rp500 MMaskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya (kanan) saat parade perkenalan maskot Piala Dunia U-20 2023 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom

La Nyalla menilai, anggaran yang sudah diimplementasikan dari APBN memang sepatutnya segera disampaikan kepada publik secara terbuka. Hal itu untuk menghindari polemik baru dan pertanyaan publik terkait dengan dana tersebut.

"Transparansi diperlukan agar tidak ada pihak yang dirugikan serta pihak yang diuntungkan. Publik perlu tahu anggaran tersebut habis berapa dan digunakan untuk apa, serta bagaimana pertanggungjawabannya," ujarnya.

3. Ada dana Rp500 miliar yang dicairkan Kemenpora

La Nyalla Pertanyakan Dana Piala Dunia U-20 Sebesar Rp500 MMaskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Sekadar info, anggaran Kemenpora untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 sebesar Rp500 miliar. Kemenpora nantinya akan melakukan cut off seiring dengan keluarnya surat dari FIFA terkait pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Menpora Muhadjir Effendy mengatakan belum bisa memutuskan perihal penggunaan sisa anggaran untuk Piala Dunia U-20 2023 ini. Soal dana ini jelas jadi PR bagi Menpora baru, Dito Ariotedjo.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya