Comscore Tracker

Laga Indonesia Vs Timor Leste Resmi Dihelat Tanpa Penonton

Omicron tengah meningkat di Bali

Jakarta, IDN Times - Laga antara Timnas Indonesia lawan Timor Leste dalam FIFA Matchday pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dipastikan tanpa penonton. Kepastian itu didapat setelah adanya pertemuan dengan Polda Bali, PSSI, dan Satgas COVID-19 daerah.

Polda Bali dan Satgas COVID-19 tak memberikan izin adanya penonton karena adanya peningkatan kasus varian Omicron di Pulau Dewata. Mereka tak mau ambil risiko jika pertandingan digelar dengan penonton.

1. PSSI memahami keputusan ini

Laga Indonesia Vs Timor Leste Resmi Dihelat Tanpa PenontonTimnas Indonesia di Laga lawan Taiwan. (pssi.org)

Kepala Departemen Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe, memahami keputusan yang diambil Polda dan pihak Satgas COVID-19 Bali. Federasi juga sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait tidak diperbolehkannya penonton hadir di laga nanti.

"Ini langkah terbaik untuk melindungi semua pemain, ofisial, panitia pelaksana, dan suporter, terhadap varian Omicron," kata Budiman.

Baca Juga: Mental Pemain Timnas Indonesia Menurun Usai Balik ke Klub

2. Keselamatan jadi faktor utama

Laga Indonesia Vs Timor Leste Resmi Dihelat Tanpa PenontonTimnas Indonesia vs Myanmar di Turki. (pssi.org)

Seri empat Liga 1 2021/22 sebenarnya juga sedang berlangsung di Bali. Makanya, demi melindungi semua pihak yang terlibat dalam Liga 1, pembatalan adanya penonton di laga antara Indonesia dan Timor Leste perlu dilakukan.

"Di atas semuanya itu, ada masalah keselamatan yang lebih penting. FIFA Matchday penting, tetapi menaati protokol kesehatan jauh lebih penting. Mudah-mudahan di laga FIFA Matchday berikutnya bisa ada penonton. Itu pun dengan catatan Omicron menurun,” ujar Budiman.

3. Rekor apik Indonesia saat bersua Timor Leste

Laga Indonesia Vs Timor Leste Resmi Dihelat Tanpa PenontonTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Secara head to head, Timnas Indonesia masih sangat tangguh di hadapan Timor Leste. Dalam empat pertemuan yang sudah berlangsung sejak terdaftar sebagai bagian dari konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) dan Asia (AFC) pada 2004 silam, Timor Leste tak pernah menang.

Pertemuan pertama yang digelar pada 2010 lalu, mereka dibuat tak berdaya dengan kalah telak 0-6 dari Timnas Indonesia. Dua tahun setelahnya, mereka sedikit tampil mengejutkan dan bermain bagus walau pada akhirnya kalah tipis 0-1.

Lalu, di pertemuan ketiga pada 2014, Timnas Indonesia yang tengah menyiapkan diri menuju Piala AFF, menjajal Timor Leste lagi. Hasilnya, sang tamu dibabat habis 4-0 dalam duel tersebut.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi empat tahun lalu, saat keduanya berada satu grup di Piala AFF 2018. Timor Leste pertama kalinya berhasil membobol gawang Timnas Indonesia. Namun, mereka kalah 1-3 dalam pertandingan itu.

Sekarang, Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Timor Leste dalam dua kesempatan, yakni 27 dan 30 Januari 2022, dalam laga bertajuk FIFA Matchday. Laga ini rencananya akan dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Baca Juga: Timnas Indonesia Panaskan Mesin Jelang Lawan Timor Leste

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya