Laga Liga 1 2021/22 Lancar, Sudah Ada Asisten Wasit Tambahan

Asisten wasit tambahan ini sudah dipakai di liga

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pemakaian asisten wasit tambahan di Liga 1 2021/22 mulai memberikan efek. Tampak, tidak ada lagi serangkaian eror yang kerap dilakukan wasit.

Asisten wasit tambahan ini mulai dipakai dalam laga Persela vs Tira-Persikabo di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu (9/3/2022) malam. Hal ini merupakan perwujudan janji dari PSSI yang memang akan memakai asisten wasit tambahan di sisa kompetisi.

Selain minimnya eror, apa saja efek yang muncul akibat hadirnya asisten wasit tambahan ini?

1. Wasit utama jadi terbantu

Laga Liga 1 2021/22 Lancar, Sudah Ada Asisten Wasit TambahanIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Hadirnya asisten tambahan ternyata membuat keputusan yang diambil wasit jadi lebih baik. Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, yang menyaksikan langsung laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, melihat wasit utama jadi lebih terbantu.

"Saya sudah lihat tadi, dan wasit utama juga merasakan sangat terbantu. Saya merasa cukup bagus. Wasit utama juga bilang kepada saya, mereka terbantu dengan adanya asisten tambahan," ujar Iwan dalam sesi jumpa pers, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Liga 1 Pekan Ini Ditambah Alat dan Asisten Wasit

2. Apa saja tugas dari asisten wasit tambahan?

Laga Liga 1 2021/22 Lancar, Sudah Ada Asisten Wasit Tambahanwww.irishnews.com

Iwan menjabarkan, ada dua tugas pokok yang diemban asisten tambahan. Ditempatkan di sisi kiri gawang, asisten wasit ditugaskan untuk memastikan bola yang masuk ke gawang, serta memastikan pelanggaran di area kotak penalti.

"Pertama, asisten wasit tambahan memastikan bola masuk ke gawang atau tidak saat ada situasi gol. Berikutnya adalah memastikan di area 16 nanti apakah ada pelanggaran atau tidak, terutama handball," ujar Iwan.

3. PSSI sudah menjanjikan penggunaan asisten wasit tambahan ini

Laga Liga 1 2021/22 Lancar, Sudah Ada Asisten Wasit TambahanKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di gedung Kemenpora (IDN Times/Margith Juita Damanik)

PSSI memang sudah menjanjikan penggunaan asisten wasit tambahan. Hal tersebut untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang acap diambil wasit. Asisten wasit tambahan ini sudah menjalani pelatihan pada 10 sampai 14 Februari 2022 lalu.

"Semoga AAR (asisten wasit tambahan) ini bisa menjadi solusi di Liga 1 2021/22 sebelum kita memakai video assistant referee (VAR)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga: Sisa Laga Liga 1 2021/22 Berpotensi Dihadiri Penonton

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya