Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022

Laos berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 2022

Jakarta, IDN Times - Ketika Piala AFF U-19 2022 digelar, nama Laos sama sekali tidak masuk hitungan juara. Maklum, mereka dikenal kerap menjadi lumbung gol bagi lawan. Namun, bukti sukses ditunjukkan Laos di ajang ini.

Terbaru, Laos berhasil memastikan satu tempat di babak final usai mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 di babak semifinal. Mereka pun mencatatkan sejarah, untuk pertama kalinya, berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 2022.

Apa rahasia di balik keberhasilan Laos menjejakkan kaki di laga final ini? Bagaimana pembinaan yang mereka lakukan?

Baca Juga: 4 Tim yang lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

1. Pembenahan besar-besaran dilakukan LFF

Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022Timnas Laos di Piala AFF U-19 2022. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Sadar bahwa sepak bola mereka kudu berbenah, Laos pun melakukan pembenahan besar-besaran. Federasi Sepak Bola Laos (LFF) bahkan membangun klub khusus untuk menampung para pemain muda, bernama Young Elephant.

Klub ini berisikan para pemain berusia 16 hingga 19 tahun, dan mereka berlaga di liga level tiga sepak bola Laos. Selain membentuk Young Elephant, yang akhirnya diambil alih pengusaha Singapura pada 2018, LFF juga membangun lapangan latihan.

Lapangan latihan ini dibangun untuk menunjang kegiatan Timnas Laos di segala usia. Keseriusan mereka untuk membangun sepak bola makin tampak usai merekrut Hans Michael Weiss, eks pelatih Filipina yang sudah memahami betul sepak bola Asia Tenggara.

Dari sini, perubahan pun mulai terlihat. Laos, yang awalnya tidak diperhitungkan, mulai jadi kekuatan yang patut diwaspadai di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan Ini

2. Bermunculannya talenta baru di tanah Laos

Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022Timnas Laos di Piala AFF U-19 2022. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Seiring dengan pembinaan yang dilakukan Laos ini, berbagai talenta baru pun bermunculan. Nah, salah satu nama yang patut diperhatikan di ajang Piala AFF U-19 2022 ini adalah Peter Phanthavong. Pemain berusia 16 tahun ini jadi sosok yang menonjol.

Sejauh ini, Phanthavong sudah menorehkan enam gol di ajang Piala AFF U-19 2022. Hampir dalam setiap laga, dia selalu mencetak gol, bahkan ketika Laos berhadapan dengan tim-tim kuat macam Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Namun, selain Phanthavong, ada nama-nama lain yang juga mencuat dari Laos di ajang Piala AFF U-19 2022 ini, seperti Phoutthavong Sangvilay, Damoth Thongkamsavath, hingga Sisouphone Akkharong. Mereka semua jadi tumpuan Laos di ajang ini.

Baca Juga: Skema Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF: Harus Menang!

3. Pengakuan dari negara lain

Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022Timnas Laos di Piala AFF U-19 2022. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Penampilan apik dari Laos ini mulai memunculkan pengakuan dari negara-negara lain. Pelatih Thailand U-19, Salvador Valero Garcia, bahkan menyebut bahwa organisasi permainan Laos begitu baik, bahkan lebih baik daripada Timnas U-19 Indonesia.

"Laos fokus ke pertahanan dan lebih sering melancarkan serangan balik. Mereka juga organisasi permainannya bagus," ujar Garcia selepas laga lawan Laos.

Sekarang, Laos tengah di ambang sejarah baru. Mereka berpeluang jadi juara Piala AFF U-19 untuk pertama kalinya di tahun 2022 ini. Tentu, keberhasilan ini merupakan buah dari pembenahan yang sudah mereka lakukan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya