Comscore Tracker

Lawan Bangladesh, Shin Ingin Matangkan Skema Timnas Indonesia

Shin berpotensi mengutak-atik skuad

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan bertarung di FIFA Matchday. Pada Rabu (1/6/2022), skuad Garuda akan bersua Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat. Pelatih Timnas, Shin Tae-yong, sudah memiliki target yang ingin dicapai dari laga ini.

Target pertama tentu adalah kemenangan. Hal itu menjadi wajib, agar peringkat Indonesia di FIFA bisa meningkat. Namun, selain kemenangan, ada juga hal-hal lain yang berusaha dicapai Shin. Termasuk, mematangkan tim jelang Kualifikasi Piala Asia 2023.

1. Shin ingin mematangkan formasi tim

Lawan Bangladesh, Shin Ingin Matangkan Skema Timnas IndonesiaShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi.org)

Di laga lawan Bangladesh nanti, Shin mengaku ingin mematangkan formasi tim. Dia ingin mengutak-atik skema, sehingga kelak akan menemukan skema tetap yang akan jadi acuannya dalam melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Saya masih mempertimbangkan akan menggunakan formasi seperti apa, karena itu uji coba nanti (lawan Bangladesh) akan saya gunakan untuk mencoba formasi apa yang nantinya akan saya gunakan," ujar Shin di Hotel Sultan, Kamis (26/5/5022).

Baca Juga: Shin Tae Yong Bilang Indonesia Masa Depan Asia, Kapan Juara?

2. Banyaknya pemain baru yang mungkin masuk

Lawan Bangladesh, Shin Ingin Matangkan Skema Timnas IndonesiaJordi Amat, calon pemain Timnas Indonesia (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sejauh ini, skuad Timnas Indonesia lawan Bangladesh merupakan perpaduan pemain-pemain yang mentas di SEA Games 2021 dan Piala AFF 2020. Namun, ada juga pemain-pemain lain yang dipanggil lagi, seperti Stefano Lilipaly dan Muhammad Rafli.

Belum lagi, Indonesia juga bisa saja diperkuat Sandy Walsh dan Jordi Amat di Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti. Alhasil, Shin perlu memikirkan matang-matang skema yang akan dia pakai kelak.

"Mungkin pemain naturalisasi seperti Sandy dan Jordi, dan juga Elkan, Arhan, dan di depan Rafli, Lilipaly, dan Irfan Jaya. Dengan adanya pemain-pemain ini saya memang harus memikirkan matang-matang skemanya," ujar Shin.

3. Shin akan ciutkan skuad di Kualifikasi Piala Asia

Lawan Bangladesh, Shin Ingin Matangkan Skema Timnas IndonesiaTimnas Indonesia. (dok. PSSI)

Untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti, Shin mengaku akan menciutkan lagi skuad Timnas Indonesia. Jika saat ini tim Garuda diperkuat 29 pemain, nantinya akan ada pengurangan pemain yang dilakukan sosok asal Korea Selatan itu.

"Saat ini belum diputuskan berapa pemain Timnas Indonesia yang mau dibawa ke Kuwait (untuk Kualifikasi Piala Asia 2023), tapi mungkin 26 pemain saja," ujar Shin.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Jordi Amat Siap Rampungkan Naturalisasi

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya