Lawan-Lawan Berat Menanti Chelsea di 16 Besar Liga Champions

Chelsea berpotensi bersua Real Madrid hingga Bayern Muenchen

Jakarta, IDN Times - Sial benar nasib Chelsea di Liga Champions 2021/22. Alih-alih lolos sebagai juara grup, mereka justru melaju ke fase gugur sebagai runner-up grup. Hal itu lantaran mereka ditahan imbang Zenit St. Petersburg di laga terakhir fase grup Liga Champions.

Alhasil, Chelsea hanya mampu menorehkan 13 poin, kalah dua poin dari Juventus yang berhasil menggulung Malmo di laga terakhir fase grup. Dengan posisi Chelsea sebagai runner-up ini, mari kita tengok, siapa saja lawan yang bakal dihadapi 'Si Biru' di babak 16 besar nanti.

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Chelsea Berstatus Free Agent pada Akhir Musim

1. Chelsea ditunggu Real Madrid dan Bayern Muenchen

Lawan-Lawan Berat Menanti Chelsea di 16 Besar Liga ChampionsPemain Chelsea dan Real Madrid bertarung di Liga Champions. (en.africatopsports.com)

Dengan status Chelsea sebagai runner-up, beberapa tim besar yang finis sebagai juara grup sudah menunggu mereka. Ada empat tim yang mungkin dihadapi Chelsea. Mereka adalah Real Madrid, Bayern Muenchen, Ajax Amsterdam, dan Lille.

Chelsea memiliki histori berbeda ketika berhadapan dengan Madrid, Ajax, Bayern, dan Lille. Madrid adalah lawan yang sukses dibekuk Chelsea di babak semifinal musim lalu. Sedangkan Bayern, mereka adalah tim yang membungkam Chelsea di babak 16 besar dua musim lalu.

Sedangkan Lille dan Ajax, Chelsea pernah bersua dua tim ini di fase grup. Ajax pernah merepotkan Chelsea di Stamford Bridge. Sedangkan Lille, mereka sukses ditumpas oleh Chelsea. Daripada bertemu Madrid atau Bayern, bertemu Ajax atau Lille agaknya lebih mudah bagi Chelsea.

Baca Juga: Ahlinya Transfer, 6 Pemain Terbaik yang Pernah Diboyong Ralf Rangnick

2. Tidak akan bertemu sesama tim Inggris

Lawan-Lawan Berat Menanti Chelsea di 16 Besar Liga ChampionsPotret saat Manchester United membantai Newcastle United (90min.com)

Salah satu keuntungan lain yang didapat Chelsea adalah mereka tidak akan bersua sesama tim Inggris yang menjadi juara grup. Sesuai aturan Liga Champions, pertemuan antar satu negara tidak diperbolehkan di babak 16 besar Liga Champions.

Itu berarti, Chelsea tidak akan bertemu dengan Manchester City, Liverpool, dan Manchester United di babak 16 besar. Paling banter, Chelsea akan bersua tim-tim ini di babak perempat final. Dengan catatan, 'Si Biru' mampu melewati adangan lawan mereka di babak 16 besar.

3. Chelsea punya potensi untuk melaju jauh

Lawan-Lawan Berat Menanti Chelsea di 16 Besar Liga ChampionsPesepak bola Chelsea Mason Mount (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Reece James seteah berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (4/3/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/Phil Noble

Menilik kekuatan skuad Chelsea saat ini, mereka punya potensi untuk melaju jauh di Liga Champions. Beberapa nama memberikan ragam dimensi permainan bagi 'Si Biru', macam Kai Havertz, Hakim Ziyech, Mason Mount, dan Jorginho. Mereka juga punya Reece James yang apik di sisi kanan.

Akan tetapi, kekalahan dari West Ham, plus hasil imbang lawan Zenit, harus jadi bahan evaluasi bagi Chelsea. Setidaknya, ada yang perlu mereka benahi di lini pertahanan dan lini serang, termasuk mengembalikan ketajaman Romelu Lukaku yang melempem sejauh ini.

Baca Juga: Flopkaku dan Kutukan Nomor Punggung 9 Chelsea

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya