Comscore Tracker

LIB Mau Bisnis Bareng Baim Wong, Benar Jadi Sponsor Liga 2?

Rencana ini bertujuan memajukan sepak bola Indonesia

Jakarta, IDN Times - Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rudy Kangdra, mengungkapkan pihaknya saat ini sedang membuat sebuah rencana bisnis bersama salah satu pesohor Indonesia, Baim Wong. Nantinya, akan ada kolaborasi yang tercipta antara LIB dan Baim.

"LIB bersama Baim Wong ada rencana menjalin bisnis yang baru jadi sudah 99 persen lah ya. Nah, dengan adanya selebgram seperti Baim Wong menandakan kepercayaan publik pada PSSI ini makin bertambah. Kami harapkan dengan keterlibatan mereka Liga 1, 2, bahkan 3 nanti ada gaungnya," ujar Rudy di Hotel Raffles.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Atta Halilintar Ikuti Kongres PSSI

1. LIB siap bentuk ekosistem bersama para influencer

LIB Mau Bisnis Bareng Baim Wong, Benar Jadi Sponsor Liga 2?Instagram.com/baimwong

Selain bersama Baim, Rudy juga mengungkapkan LIB akan berkolaborasi bersama sejumlah influencer di Indonesia. Bentuk kolaborasi ini nantinya tidak hanya berkutat soal  jual-beli klub semata. Ada sebuah pembentukan ekosistem di situ.

"Kan kolaborasi itu jangan dilihat semata-mata hanya jual-beli klub. Kami mau bikin ekosistem. Jadi begini, sekarang ini kan pandemik, apa mau berdiam diri saja? Tidak kan, harus cari cara supaya kita bisa hidup. Nah, ini yang lagi kami buat ekosistemnya," ujar Rudy.

2. Bentuk ekosistem yang diharapkan LIB

LIB Mau Bisnis Bareng Baim Wong, Benar Jadi Sponsor Liga 2?Rudy Kangdra, Direktur Bisnis LIB. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rudy mengungkapkan, bentuk ekosistem yang nantinya diharapkan terbentuk antara LIB dengan para influencer lebih ke bentuk kampanye. Dia mencontohkan, bentuk kampanye dengan influencer ini salah satunya adalah ajakan menonton kompetisi yang digaungkan di media sosial.

Dalam kampanye inilah, sejumlah artis seperti Baim Wong, Raffi Ahmad, dan Atta Halilintar, akan digandeng LIB untuk turut meramaikan. Operator kompetisi berencana akan memaksimalkan 77 persen pangsa pasar bola lokal yang sejauh ini belum termanfaatkan dengan baik.

"Nanti, kami bisa libatkan top five selebgram. Mereka akan diminta membantu kami dalam kampanye. Mereka nanti bilang, nonton kompetisi ini, itu, disertai tautannya. Ketika mereka melakukan itu, ada klik, kami buat, mulai dari back end-nya kami siapkan sampai front end-nya juga. Jadi orang bisa menonton" ujar Rudy.

"Meski, umpamanya selebgram itu tidak ada latar belakang (sepak bola), tapi kan kampanye itu jadi makanan mereka sehari-hari. Jadi, mereka punya fans sendiri, bola itu punya fans besar juga, 77 persen. Ini yang belum kami maksimalkan," lanjutnya.

3. Ada peluang Baim Wong sponsori Liga 2

LIB Mau Bisnis Bareng Baim Wong, Benar Jadi Sponsor Liga 2?Instagram.com/baimwong

Ada kans jika Baim Wong bakal jadi sponsor kompetisi Liga 2. Hal itu tentu saja mengejutkan publik. Sebab, sebelumnya dia diisukan hanya akan membeli klub Liga 2, Sriwijaya FC, bukan mensponsori kompetisinya.

"Ada beberapa hal lagi yang bakal kami bahas, tapi nanti di pertemuan lanjutan akan lebih mengerucut lagi seperti apa. Saya menunggu laporan detail dari Direktur Bisnis," ujar Akhmad saat dihubungi IDN Times, selepas Baim mengunjungi kantor LIB, Jumat (21/5/2021) lalu.

Keputusan Baim Wong ini menjadikannya sebagai publik figur baru yang berkecimpung di sepak bola Indonesia. Sebelumnya, ada Raffi Ahmad yang resmi mengakusisi klub Liga 2 Cilegon United. Dia bahkan sudah resmi mengganti nama klub menjadi Rans Cilegon FC.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya