Comscore Tracker

Liga 1 2022/23 Lanjut dengan Sistem Bubble di 2 Wilayah

Liga 1tak terapkan sistem kandang-tandang di putaran pertama

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus berujar, pihaknya sudah siapkan skema lanjutan Liga 1 2022/23. Alih-alih menggunakan sistem kandang-tandang, kompetisi akan lanjut dengan sistem bubble.

Sistem bubble ini akan berlangsung di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta. Ada empat stadion yang rencananya akan dipakai, yakni Stadion Jatidiri, Stadion Moch. Soebroto, Stadion Sultan Agung, dan Stadion Maguwoharjo.

"Untuk putaran pertama ini kita habiskan dengan sistem bubble dulu, baru putaran kedua kami akan pakai kandang-tandang. Untuk bubble-nya di Jawa Tengah sama Yogyakarta," ujar Ferry kepada jurnalis, Kamis (24/11/2022).

1. Berat lanjut dengan sistem kandang-tandang

Liga 1 2022/23 Lanjut dengan Sistem Bubble di 2 WilayahDirektur Olahraga Persija, Ferry Paulus. (IDN Times/Sandy Firdaus))

Ferry mengatakan, sulit jika di sisa putaran pertama ini, Liga 1 2022/23 berlanjut dengan sistem kandang-tandang. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, terutama terkait simulasi dan implementasi protokol pengamanan terbaru.

"Kalau harus kandang dan tandang berat, kan harus ada simulasi dan implementasi dari security regulations (protokol pengamanan). Intinya, yang penting jalan dulu, ini kan sementara," ujar Ferry.

Baca Juga: Bocoran Kelanjutan Liga 1: Kapan dan Bagaimana Sistemnya?

2. Soal izin dan penonton masih dipertimbangkan

Liga 1 2022/23 Lanjut dengan Sistem Bubble di 2 WilayahJajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT LIB yang baru. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terkait izin dan kehadiran penonton, Ferry pun belum bisa memastikan. Termasuk soal sepak mula Liga 1 yang akan dilaksanakan pada 2 Desember, semua masih abu-abu lantaran belum adanya rapat koordinasi antara Kementerian/Lembaga terkait.

"Nanti kita lihat ini besok izinnya seperti apa. Untuk penonton, Insha Allah kita ada juga rencana ke sana," beber Ferry.

3. Liga 1 2022/23 sudah terhenti sebulan lebih

Liga 1 2022/23 Lanjut dengan Sistem Bubble di 2 WilayahBorneo lawan Arema FC. (ligaindonesiabaru.com)

Gelaran Liga 1 2022/23 sendiri sudah terhenti selama satu bulan lebih. Hal itu merupakan buntut dari tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 silam.

Insiden yang menelan ratusan ribu korban jiwa itu membuat gelaran Liga 1 2022/23 dihentikan untuk sementara. Hal itu dilakukan untuk memberikan waktu agar sepak bola Indonesia melakukan evaluasi total.

Baca Juga: Liga 1 2022/23 Berlanjut, 3 Tim Ini Berpotensi Jadi Musafir

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya