Comscore Tracker

Liga 1 Bakal Dipadatkan 5 Seri, Transfer Dibuka 15 Desember

Pemadatan seri Liga 1 disesuaikan dengan kondisi

Jakarta, IDN Times - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, mengungkapkan, gelaran Liga 1 2021/22 rencananya akan dipadatkan menjadi lima seri. Artinya, Liga 1 tersisa dua seri lagi, yakni empat dan lima, akan dihelat di Bali. Hal tersebut bertujuan agar kompetisi bisa selesai pada Maret 2022.

"Tadinya, kami bikin enam seri dengan ada jeda, tapi akhirnya dirapatkan jadi lima seri tanpa jeda untuk bisa mengejar bulan Maret. Kami menyesuaikan agenda Timnas yang akan berjalan termasuk di bulan Januari," ujar Sudjarno di kantor LIB, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Uji Coba Penonton di 8 Besar Liga 2 Melibatkan 400 Orang

1. Ada empat stadion yang diverifikasi di Bali

Liga 1 Bakal Dipadatkan 5 Seri, Transfer Dibuka 15 DesemberIDN Times/Reynaldy Wiranata

Sudjarno menyebut, dalam rangka persiapan seri empat dan lima di Bali, LIB sudah menurunkan tim untuk verifikasi stadion. Rencananya, ada empat stadion yang masuk proses verifikasi, termasuk Stadion I Wayan Dipta dan Gelora Samudera.

"Ada empat stadion yang diverifikasi, kemudian hasil verifikasi apa saja yang harus dibenahi LIB bersama PSSI dan Dispora Bali termasuk Bali United. Kemudian hasil verifikasinya apa saja yang harus dilengkapi. Secara umum dari hasil verifikasi kita, lampu, lapangan, ruang ganti oke," ujar Sudjarno.

2. Bursa transfer dibuka pada 15 Desember

Liga 1 Bakal Dipadatkan 5 Seri, Transfer Dibuka 15 DesemberPersik vs Borneo FC. (Dok. Media Tira-Persikabo)

Seiring dengan akan berjalannya seri empat dan lima, LIB juga membuka kembali bursa transfer bagi klub-klub Liga 1. Rencananya, bursa transfer ini akan dibuka pada 15 Desember hingga 12 Januari 2022. Khusus untuk pemain asing, proses perekrutannya harus mengikuti aturan pemerintah.

"Bursa transfer itu dibuka 15 Desember 2021 sampai 12 Januari 2022. Mungkin di interval itu kalau ada yang datangkan pemain asing harus menyesuaikan bagaimana dengan dia datang, harus dikarantina sekian hari, ikut aturan pemerintah. Itu salah satu bagian antisipasi kami terhadap varian omicron," tutur Sudjarno.

3. Liga 1 2021/22 sudah memasuki seri ketiga

Liga 1 Bakal Dipadatkan 5 Seri, Transfer Dibuka 15 DesemberPersiraja Banda Aceh di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Sejauh ini, gelaran Liga 1 2021/22 sudah memasuki seri ketiga. Sama seperti seri kedua, seri ketiga digelar di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Persaingan di papan klasemen sementara juga semakin sengit.

Bhayangkara FC masih memimpin klasemen sementara Liga 1 2021/22 dengan torehan 36 poin. Di posisi kedua, ada Persib yang menorehkan 31 poin, diikuti Arema FC di posisi ketiga dengan torehan 30 poin. Juara musim 2019, Bali United, ada di posisi keempat dengan catatan 29 poin.

Baca Juga: Liga 1: Persija Menggila, Persipura Masih Tertahan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya