Comscore Tracker

Liga 1: Persebaya Surabaya Benamkan Persib Bandung

Persebaya menang 3-1 atas Persib

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung tumbang dalam laga pekan 16 Liga 1 2021/22. Bersua Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Rabu (8/12/2021) malam, 'Maung Bandung' diterkam 'Bajol Ijo' dengan skor telak 0-3.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Taisei Marukawa (58', 90+1') dan Bruno Moreira (70') untuk Persebaya. Kemenangan ini pun membawa Persebaya merangkak naik ke papan atas klasemen sementara Liga 1 2021/22.

Baca Juga: Persib Ingin Tuntaskan Dua Laga Tersisa dengan Kemenangan

1. Babak pertama, Persib alami kebuntuan

Liga 1: Persebaya Surabaya Benamkan Persib BandungPenyerang Persib di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Kedua tim tampil dengan pemain terbaik sejak awal. Persib memainkan Dedi Kusnandar, Wander Luiz, Marc Klok, dan Febri Hariyadi, sementara Persebaya menurunkan Taisei Marukawa, Arif Satria, Jose Wilkson, dan Marselino Ferdinand.

Di awal-awal babak pertama, laga sempat berjalan alot. Kedua tim masih membaca permainan, sekaligus menanti momen yang tepat untuk memberikan tekanan. Memasuki menit 15, Persib mulai mengambil inisiatif permainan. Mereka coba untuk menekan.

Selain lewat skema open play, Persib juga tetap coba menekan lewat skema bola mati. Namun, segala upaya yang dilakukan Persib tidak membuahkan hasil. Penampilan apik Ernando Ari membuat para pemain lini depan Persib kelimpungan. Di sisi lain, Persebaya juga sama.

Marukawa selaku motor serangan kerap tidak ditopang oleh para pemain Persebaya yang lain. Alhasil, 'Bajol Ijo' kesulitan dalam menciptakan peluang. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 0-0.

Baca Juga: Hadapi Persebaya, Laga Penting Bagi Arema FC

2. Babak kedua, Persebaya menggeliat

Liga 1: Persebaya Surabaya Benamkan Persib BandungPemain PSM Makasar Zulkifli Syukur (kiri) berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya Marukawa (kanan) saat berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Di awal-awal babak kedua, Persebaya masih tertelan oleh tekanan Persib. Klok dan Dedi bahkan sampai bisa memberi ancaman untuk gawang Persebaya. Akan tetapi, situasi berubah pada menit 58. Kesalahan dari Zalnando berbuah petaka.

Marukawa sukses memanfaatkan kesalahan Zalnando tersebut dan membobol gawang Persib. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Persebaya. Tertinggal satu angka, Persib coba bermain lebih agresif. Mereka mulai lebih banyak menguasai bola.

Akan tetapi, alih-alih menyamakan angka, Persib justru kembali tertinggal. Pada menit 70, berawal dari situasi serangan balik, Bruno Moreira berhasil mencetak gol, usai bekerja sama dengan Marukawa. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Persebaya.

Di sisa waktu babak kedua, Persib masih berusaha memperkecil ketertinggalan. Beberapa peluang mereka dapat, tetapi mereka gagal memanfaatkannya. Malah, mereka tertinggal lagi pada menit 90+1. Marukawa mencetak gol kedua usai memanfaatkan celah di pertahanan Persib.

Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Persebaya, dan skor ini tetap bertahan sampai laga tuntas. Persebaya berhasil menumbangkan Persib Bandung.

3. Klasemen sementara Liga 1 2021/22

Liga 1: Persebaya Surabaya Benamkan Persib BandungPesepakbola PSM Makasar Rasyid Bachri (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Persebaya Surabaya Rachmat Irianto (kiri) saat berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

Di pertandingan lain, tim asal Jawa Timur yang lain, Persik Kediri, sukses menorehkan kemenangan atas Barito Putera. Antoni Putro dan Youssef Ezzejjari membawa Persik menang 2-0 atas tim asal Kalimantan Selatan tersebut. Hasil-hasil ini membawa perubahan di klasemen sementara liga.

Berkat kemenangan atas Barito, Persik naik ke posisi 13 dengan raihan 17 poin. Sedangkan Persebaya, mereka juga naik ke posisi tiga dengan torehan 30 poin, berselisih satu poin dengan Persib yang bertengger di posisi kedua dengan catatan 31 poin.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya