Comscore Tracker

Liga 2 Jadi Ajang Uji Coba Laga dengan Penonton

Statusnya masih uji coba, masyarakat umum belum bisa masuk

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut, uji coba kehadiran penonton di stadion bakal dihelat pada 15 Desember 2021. Uji coba ini akan digelar dalam salah satu laga di babak delapan besar Liga 2 2021/22.

"Kami akan mengadakan uji coba (penonton di stadion) rencananya 15 Desember 2021, di salah satu laga Liga 2, yang akan diadakan di Stadion Pakansari dan Wibawa Mukti. Uji coba ini jadi tolak ukur ke depannya bagaimana kami menerapkan SOP kehadiran penonton di stadion," ujar Akhmad dalam jumpa pers, Senin (6/12/2021).

1. LIB akan uji coba sistem

Liga 2 Jadi Ajang Uji Coba Laga dengan Penonton(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Akhmad mengungkapkan, uji coba kehadiran penonton di stadion ini akan jadi momen bagi LIB menguji sistem yang sudah mereka siapkan, jika penonton bisa hadir ke stadion. Mereka akan mendata para penonton yang hadir, plus menyiapkan diri menghadapi hadirnya penonton.

"Jadi, yang namanya uji coba semua penonton akan kami data. Kami juga akan menguji coba sistem dan bagaimana menghadapi kehadiran penonton di lapangan. Terkait urusan eksternal dan internal, kami akan uji coba," ujar Akhmad.

Baca Juga: Indonesia Patut Waspada, Laos Punya Jebolan Liga Prancis

2. Uji coba di Liga 2 berhasil, baru ke Liga 1

Liga 2 Jadi Ajang Uji Coba Laga dengan PenontonPemain PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) berusahaepas dari kawalan pemain Persebaya Surabaya Otavio Dutra (kiri) saat menyambut bola dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 9 Juni 2018. (Liga-Indonesia.id)

Akhmad menyatakan LIB menggelar uji coba kehadiran penonton di Liga 2 karena digelar di Jabodetabek. Hal tersebut memungkinkan unsur-unsur pemerintah hadir langsung memantau uji coba, sekaligus memberikan penilaian sebelum diterapkan di Liga 1.

"Izin, nanti mungkin kehadiran dari bapak-bapak pemerintah bisa mengevaluasi hasil dari uji coba ini. Selanjutnya, kalau sudah berhasil atau ada perbaikan, baru akan kami coba di Liga 1," ujar Akhmad.

3. PSSI dan LIB akan berkoordinasi dengan pihak terkait

Liga 2 Jadi Ajang Uji Coba Laga dengan PenontonLogo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya bersama LIB akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Dalam rapat tersebut, PSSI akan meminta bantuan pihak kepolisian dalam hal pengamanan luar stadion, terutama dalam laga-laga besar.

"PSSI dan LIB akan rakor lagi dengan Menpora, Polisi, Kemenkes, dan BNPB. Kami akan tegaskan, soal penonton di luar stadion itu ranah kepolisian, apalagi jika nanti ada tim besar yang main. Makanya kami akan uji coba di babak delapan besar Liga 2. Kalau sukses baru kami lanjutkan ke Liga 1," ujar Iwan Bule (sapaannya).

Baca Juga: Tendang Penonton, Saktiawan Sinaga Terancam Sanksi Berat 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya