Lini Depan Barcelona Sekarang: Tajam dan Cepat!

Investasi Barcelona benar-benar ciamik

Jakarta, IDN Times - Perekrutan Robert Lewandowski bermakna besar bagi Barcelona. Untuk klub dengan kondisi keuangan yang masih dipertanyakan, mereka melakukan sesuatu yang sensasional di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Lewandowski didatangkan Barcelona dari Bayern Muenchen dengan mahar sekitar 45 juta euro (setara Rp683,4 miliar), plus tambahan 5 juta euro. Tidak cuma merekrut Lewandowski, Barcelona juga sukses mendatangkan banyak pemain.

Raphinha dari Leeds, Franck Kessie dari AC Milan, dan Andreas Christensen dari Chelsea adalah nama-nama lain yang sukses didaratkan Barcelona. Mereka juga sudah memperpanjang kontrak Ousmane Dembele, yang sempat terombang-ambing.

Tambahan-tambahan ini pun membuat Barcelona jadi tim yang patut diwaspadai musim depan, terutama di lini serang. Mereka berpotensi jadi tim yang cepat, sekaligus tajam.

1. Perpaduan kecepatan dan ketajaman lini depan Barcelona

Lini Depan Barcelona Sekarang: Tajam dan Cepat!Barcelona lawan Napoli di Liga Europa. (ANTARA FOTO/Reuters-Ciro De)

Hadirnya Lewandowski membuat Barcelona memiliki dua penyerang tajam sekaligus. Mereka punya sosok Pierre-Emerick Aubameyang, yang tampil trengginas musim lalu. Sekarang, mereka punya Lewandowski, salah satu penyerang tajam di Eropa.

Ketajaman dari dua penyerang ini ditopang oleh kecepatan dari para winger Barcelona. Selain Dembele dan Raphinha, mereka juga punya Ferran Torres dan Ansu Fati. Mereka bakal menopang Aubameyang dan Lewandowski dari sayap.

Tidak hanya menopang, Xavi selaku manajer akan punya banyak opsi untuk daya gedor di musim depan. Dia bisa memainkan skema false nine, karena punya Torres dan Fati, serta Aubameyang yang bisa diplot sebagai winger.

Xavi juga bisa menerapkan skema serangan yang lebih cair, karena Lewandowski andal dalam membagi bola di depan. Banyak hal yang bisa dilakukan Barcelona di lini depan musim depan, dengan stok pemain berkualitas seperti ini.

Baca Juga: Resmi Gabung Barcelona, Lewandowski: Saya Sangat Senang!

2. Ditopang lini tengah yang juga kuat

Lini Depan Barcelona Sekarang: Tajam dan Cepat!potret Pedri (twitter.com/Pedri)

Lini depan tak akan bekerja jika tidak ditopang lini tengah yang apik. Nah, bicara lini tengah, mereka punya nama-nama yang tak kalah ciamik, macam Sergio Busquets, Pedri, Gavi, dan Nico yang bisa jadi pengalir bola.

Sekarang, Barcelona memiliki Kessie yang andal dalam pertarungan di lini tengah. Dia bisa memberikan proteksi bagi pertahanan, sekaligus muncul dari lini kedua jika dibutuhkan. Dia sudah menunjukkan itu bersama AC Milan.

Belum lagi, Barcelona juga dikabarkan tengah merayu Bernardo Silva agar merapat ke Camp Nou. Jika kelak Silva hadir, lini tengah Barcelona akan jadi lebih dinamis. Namun, kekuatan lini tengah Barcelona masih bergantung pada nasib Frenkie de Jong.

Andai De Jong bertahan, kekuatan lini tengah Barcelona juga akan paripurna, kendati Silva tidak hadir. Setidaknya, mereka punya pemain-pemain yang bisa jadi mesin permainan di lini tengah tim.

3. Lini pertahanan harus diperkuat

Lini Depan Barcelona Sekarang: Tajam dan Cepat!Barcelona vs Real Sociedad. (antaranews.com/ANTARA FOTO/Reuters-Albert Gea)

Setelah memiliki lini serang yang kuat, Barcelona sekarang tinggal memperkuat lini pertahanan. Mereka memang sudah mendatangkan Andreas Christensen dari Chelsea, tetapi alangkah baiknya jika mereka mendatangkan bek-bek lain.

Jules Kounde saat ini tengah diincar, begitu juga duo Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso. Minimal, dengan kehadiran Azpilicueta dan Alonso, Barcelona akan memiliki lini pertahanan apik, yang bisa menopang lini serang mereka.

Barcelona punya potensi besar di musim 2022/23 mendatang. Terlepas dari masalah keuangan yang masih menghimpit mereka, Blaugrana layak diperhitungkan sebagai kandidat juara LaLiga musim depan.

Baca Juga: Barcelona Punya Striker Baru, Real Madrid Enggak Panas? 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya