Louis van Gaal Positif COVID-19, Persiapan Belanda Terganggu

Louis van Gaal harus dikarantina usai dinyatakan positif

Jakarta, IDN Times - Persiapan Belanda menuju Piala Dunia 2022 terganggu. Sebab, pelatih mereka, Louis van Gaal, dinyatakan positif COVID-19.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), lewat pernyataan resminya pada Selasa (22/3/2022). 

Saat ini, Van Gaal sudah menjalani karantina. Untuk latihan tim saat ini, jelang persiapan laga uji coba lawan Jerman dan Denmark, akan dipimpin oleh asisten pelatih Danny Blind, Henk Fraser, dan Frans Hoek.

1. Louis van Gaal sedang mempersiapkan skema baru

Louis van Gaal Positif COVID-19, Persiapan Belanda Tergangguskysports.com

Sejatinya, Van Gaal tengah mempersiapkan skema baru, meniru pendekatan 3-4-3 yang digunakan Chelsea saat menjuarai Liga Champions. Atas alasan itulah, dia memanggil 28 pemain untuk laga uji coba lawan Denmark dan Jerman.

Akan tetapi, dengan absennya Van Gaal karena COVID-19, bisa jadi pengimplementasian skema ini akan terganggu. Belum lagi, setelah dua laga uji coba, Belanda juga akan main di empat laga UEFA Nations League pada Juni 2022 nanti.

Baca Juga: Louis Van Gaal, Diktator Ruang Ganti Bergelimang Prestasi

2. Louis van Gaal sempat kritik FIFA

Louis van Gaal Positif COVID-19, Persiapan Belanda Terganggugoal.com

Sebelumnya, Louis van Gaal sempat mengkritik FIFA, lantaran mengadakan Piala Dunia 2022 di Qatar. Menurutnya, itu adalah hal yang konyol. Ada bau-bau uang yang dicium Van Gaal dengan dipilihnya Qatar sebagai tuan rumah ini.

"Kami bermain di negara yang menurut FIFA ingin mengembangkan sepak bola di sana. Itu omong kosong, tetapi tidak masalah. Ini semua tentang uang, tentang kepentingan komersial. Itu penting di FIFA," ujar Van Gaal.

3. Belanda sudah tunjuk Louis van Gaal sejak Agustus 2021

Louis van Gaal Positif COVID-19, Persiapan Belanda TergangguTwitter/@SkySportsPL

Belanda akhirnya menunjuk kembali Louis van Gaal sebagai pelatih anyar pada Agustus 2021. Van Gaal ditunjuk kembali jadi pelatih setelah Frank de Boer memutuskan mundur pasca gagal bawa Belanda ke perempat final Piala Eropa 2020.

Ini menjadi kali ketiga Louis van Gaal menangani Belanda. Menariknya, kali ini Van Gaal menjadi pelatih setelah sempat menyatakan pensiun.

Baca Juga: Selain Van Gaal, Ini 5 Pelatih yang Back to Back Menangani Belanda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya