ManCity Perpanjang Kontrak, Guardiola: Sekarang Semuanya Terasa Sulit

Kontrak Guardiola diperpanjang hingga 2023

Jakarta, IDN Times - Pep Guardiola akhirnya memperpanjang kontraknya bersama Machester City. Pria asal Spanyol yang pernah membesut Barcelona dan Bayern Muenchen itu akan bersama The Citizens, julukan Manchester City, hingga 2023.

"Mendapatkan dukungan yang bagus dari petinggi klub adalah hal terbaik yang bisa didapatkan manajer. Saya memiliki semua itu di sini (City) dan saya ingin melakukan pekerjaan saya dengan baik," ujar Guardiola seperti diikutip dari situs resmi Manchester City, Jumat (20/11/2020).

1. Guardiola mengakhiri spekulasi soal masa depannya bersama City

ManCity Perpanjang Kontrak, Guardiola: Sekarang Semuanya Terasa SulitTwitter.com/ManCity

Sebelumnya banyak kabar yang menyebut Guardiola akan hengkang dari City pada akhir musim. Selain karena kontraknya yang akan habis, performa City musim ini juga tidak bagus-bagus amat. Hingga kini mereka masih tertahan di peringkat 10 klasemen sementara Premier League 2020/21.

Namun, dengan perpanjangan kontrak ini, semua spekulasi itu usai sudah. Guardiola siap menyambut lembaran baru bersama City. Ia siap menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan, termasuk kembali membawa The Citizens meraih trofi di ujung musim nanti.

"Sekarang tantangan bagi kami adalah untuk terus berevolusi dan berkembang. Saya tidak sabar menjalaninya. Saya siap membantu City agar lebih baik. Kami siap memenangi trofi lagi seperti musim-musim sebelumnya," kata Guardiola.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!

2. Sejarah tersendiri bagi Guardiola

ManCity Perpanjang Kontrak, Guardiola: Sekarang Semuanya Terasa SulitReuters

Dengan perpanjangan kontrak ini, Guardiola mencatatkan sejarah baru untuk dirinya sendiri. Untuk pertama kalinya, pria berusia 49 tahun itu menangani sebuah tim lebih dari empat musim.

Ketika menangani Barcelona, Guardiola hanya menghabiskan waktu selama empat musim (tidak dihitung dengan waktu saat ia menangani tim Barcelona B). Sedangkan di Bayern Muenchen, ia cuma menghabiskan waktu tiga musim.

Guardiola resmi menukangi City pada awal musim 2016/17. Jika dihitung, total sejauh ini ia sudah bersama City selama lima musim lamanya. Dengan penambahan kontrak hingga 2023, maka ia akan bersama City selama tujuh musim.

3. Guardiola: Sekarang semuanya terasa sulit

ManCity Perpanjang Kontrak, Guardiola: Sekarang Semuanya Terasa SulitTwitter.com/ManCity

Tantangan besar sudah menanti Guardiola. Setelah tahun-tahun penuh gelimang trofi, musim ini semua terasa berat bagi City. Perlahan, lawan-lawan di Premier League mulai bisa mengimbangi mereka.

Hal itu diperparah dengan mulai menuanya pemain-pemain unggulan macam Sergio Aguero, Ilkay Guendogan, maupun Fernandinho. Mereka juga kehilangan sosok pemimpin setelah kepergian Vincent Kompany pada 2019.

Meski begitu, Guardiola optimistis City masih mampu bicara banyak, baik di kompetisi domestik maupun Eropa, terlepas dari situasi sulit yang tengah dialami "The CItizens" saat ini.

"Saya tahu sekarang semuanya terasa sulit, entah itu di Premier League maupun kompetisi Eropa. Namun, masih mungkin bagi Manchester City untuk mengambil langkah ke depan dan menjaga level permainan yang sudah kami capai dalam beberapa musim terakhir," ujar Pep Guardiola.

Selamat ya, Pep!

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiola

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya