Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Terukir!

Maroko menaikkan derajat sepak bola Afrika

Jakarta, IDN Times - Maroko masih melanjutkan kisah apik mereka di Piala Dunia 2022 ini. Terbaru, di babak perempat final yang dihelat di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) malam, Sofyan Amrabat dan kolega menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal dari Youssef En-Nesyri berhasil membawa Maroko membenamkan Portugal. Tidak cuma itu, kemenangan ini juga membuat Maroko sukses mencatatkan sejarah tersendiri di Piala Dunia.

1. Jadi wakil Afrika pertama yang melaju ke semifinal Piala Dunia

Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Terukir!Pemain Timnas Maroko merayakan kemenangan lawan Spanyol (instagram.com/hziyech)

Akhirnya, setelah sekian lama, Afrika berhasil menempatkan wakilnya di babak semifinal Piala Dunia. Sebelumnya, wakil-wakil Afrika biasa terhenti di babak perempat final. Mereka sulit melaju ke babak empat besar.

Pada Piala Dunia 1990, Kamerun jadi negara Afrika pertama yang melangkah hingga ke babak perempat final. Namun, mereka gagal melangkah ke semifinal usai kalah dari Inggris.

Baca Juga: Bekuk Portugal, Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

2. Wakil Afrika sebelumnya hanya bisa sampai babak perempat final

Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Terukir!abc.net.au

Berlanjut di Piala Dunia 2002, giliran Senegal yang melaju hingga babak perempat final. Namun, sama seperti Kamerun, mereka juga gagal ke semifinal usai kalah di tangan Turki.

Nah, dalam gelaran Piala Dunia 2010, Ghana juga sukses melaju ke babak perempat final. Akan tetapi, sama seperti Kamerun dan Senegal, mereka gagal melaju ke semifinal usai ditumbangkan Uruguay.

3. Maroko masih bisa pecahkan sejarah baru di Piala Dunia

Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Terukir!Timnas Maroko menang atas Spanyol. (en.as.com)

Sekarang, sejarah tim Afrika yang acap gagal ke semifinal ini dipatahkan oleh Maroko. Tidak tanggung-tanggung, di babak perempat final Piala Dunia 2022, mereka sukses melaju ke semifinal usai mengalahkan Portugal.

Kisah manis pun dicatatkan Maroko di Piala Dunia 2022 ini. Tidak cuma itu, mereka membawa derajat sepak bola Afrika ke tempat yang lebih tinggi di Qatar ini.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Maroko Lebih Unggul dari Portugal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya