Mau Rekrut Robert Lewandowski atau Cristiano Ronaldo, PSG?

Lewandowski dan Ronaldo punya plus minus buat PSG

Jakarta, IDN Times - Saga bursa transfer musim panas 2021 mulai memanas jelang penutupan. Paris Saint-Germain (PSG) kini dihadapkan pada dua pilihan. Ada Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo yang bisa mereka datangkan di musim panas ini.

Kemungkinan mendatangkan dua penyerang andal Eropa itu muncul, akibat dari keputusan yang diambil Kylian Mbappe. Pemuda asal Prancis itu mengutarakan keinginannya untuk pergi dari Paris, terlepas dari segala tawaran perpanjangan kontrak yang diberikan tim.

"Kylian Mbappe mau hengkang, sangat jelas. Jika Real Madrid melempar tawaran resmi, sudah jelas ujungnya ke mana. Posisi saya sudah pasti, kiranya semua orang juga tahu," ujar Direktur Olahraga PSG, Leonardo, dilansir Metro.

Sekarang, mari kita takar, siapa yang semestinya direkrut PSG? Ronaldo atau Lewandowski?

1. Plus minus mendatangkan Ronaldo

Mau Rekrut Robert Lewandowski atau Cristiano Ronaldo, PSG?Garis merah di wajah Cristiano Ronaldo (Twitter.com/juventusfcen)

Ronaldo jadi salah satu komoditas panas bursa transfer kali ini. Jorge Mendes selaku agen Ronaldo menawarkan pemainnya ke beberapa tim, salah satunya Manchester City. Harga yang dipatok Mendes untuk Ronaldo juga murah, cuma sekitar 25 sampai 30 juta euro saja.

Nah, dengan situasi PSG yang akan kehilangan Mbappe, Ronaldo bisa masuk daftar pemain yang didatangkan. Perkara prestasi dan kemampuan teknis, tentu sudah tak perlu ditanyakan lagi. Ronaldo adalah salah satu pemain yang bergelimang trofi di Eropa.

Pengalaman mainnya juga terbilang luas, mulai dari Inggris, Spanyol, hingga Italia. Di setiap kompetisi yang didatangi, dia selalu sukses keluar sebagai juara. Ronaldo adalah jaminan mutu. Dia membuktikan diri, di liga manapun bermain, bukan masalah. Hal serupa juga dapat terjadi di PSG.

Klinis, iya. Tajam, sudah pasti. Itulah Ronaldo. Namun, minus dari kedatangan Ronaldo ke PSG adalah situasi tim yang diprediksi bakal memanas. PSG sekarang sudah memiliki Lionel Messi, plus nama-nama macam Neymar, Sergio Ramos, dan Angel Di Maria.

Kendatipun PSG merekrut Ronaldo, situasi buruk akan tercipta di tim, cepat atau lambat. Belum lagi, Ronaldo adalah pemain yang rada individualis. Di Juventus, dia urung membaur dengan tim dan tampak seperti bekerja sendiri. Alhasil, meski mencetak banyak gol, Juventus kerap kedodoran.

Baca Juga: ManCity Korbankan Bintangnya Demi Cristiano Ronaldo 

2. Plus minus mendatangkan Lewandowski

Mau Rekrut Robert Lewandowski atau Cristiano Ronaldo, PSG?Robert Lewandowski (Twitter.com/@FCBayern)

Selain Ronaldo, ada satu nama lagi yang juga bisa didatangkan PSG, yaitu Robert Lewandowski. Baru-baru ini, penyerang asal Polandia itu menyatakan keinginannya mencari tantangan baru. Dia merasa sudah mendapatkan semuanya bersama Bayern Munich, dan kini saatnya mencari sesuatu yang lain.

Sebagai penyerang, kemampuan Lewandowski bisa dibilang lengkap. Dengan tinggi badan mumpuni, Lewandowski bisa melakukan post play dan andal dalam duel udara. Fisiknya yang prima juga memungkinkannya berduel dengan bek-bek lawan.

Lewandowski juga penyerang yang tak kalah klinis dari Ronaldo. Dia sempat menjadi top scorer Liga Champions 2019/20 dengan torehan 15 gol. Sejauh ini, total Lewandowski sudah mencetak 298 gol dari 332 laga di seluruh kompetisi bersama Bayern.

Lewandowski adalah jaminan mutu laiknya Ronaldo. Kehadirannya, selain jadi pengganti Mbappe, bisa membuat lini depan PSG makin kuat. Dia akan mampu berkombinasi dengan Messi, Neymar, maupun Di Maria. Sayangnya, ada satu minus dari Lewandowski.

Lama main di Jerman tentu membuat Lewandowski harus beradaptasi dengan kompetisi di Prancis. Tidak cuma itu, harga Lewandowski sangat mahal, mencapai 128 juta euro. Mendatangkannya bisa jadi masalah tersendiri bagi PSG, berkaitan dengan aturan Financial Fair Play (FFP).

3. Kini, pilihan ada di tangan PSG

Mau Rekrut Robert Lewandowski atau Cristiano Ronaldo, PSG?elespanol.com

Sekarang, bola ada di PSG. Setelah melepas Mbappe, dan mendapatkan dana segar, mereka bisa menggunakan uang itu untuk membelanjakan penyerang baru. Lewandowski dan Ronaldo bisa menjadi opsi utama, tetapi PSG juga tetap harus membuka opsi mereka ke penyerang lain.

Selain dua nama itu, ada Erling Haaland yang bisa PSG datangkan, jika mereka ingin merekrut talenta dengan masa karier yang masih panjang. Apalagi, Lewandowski dan Ronaldo sudah tidak muda lagi. Paling banter, mereka hanya akan main dua atau tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Efek Domino Mbappe, PSG Mau Rekrut Cristiano Ronaldo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya