Mauricio Pochettino yang Mulai Bergelimang Trofi

Pochettino kini mulai mengenal rasanya meraih trofi

Jakarta, IDN Times - Selama berkarier di dunia sepak bola, baik itu sebagai pemain maupun manajer, Mauricio Pochettino tidak bergelimang trofi. Tercatat, trofi yang ia raih semasa jadi pemain hanyalah dua trofi Copa del Rey bersama Espanyol, serta satu trofi UEFA Intertoto Cup pada 2001.

Ketika jadi manajer, Pochettino juga jarang meraih gelar. Semasa jadi manajer Tottenham Hotspur, Pochettino hanya mampu mengantarkan Tottenham menjadi runner-up Piala Liga Inggris di musim 2014/15 dan Liga Champions di musim 2018/19.

Alhasil, kendati banyak meraih gelar individu macam Premier League of the Month maupun London Football Awards Manager of the Year, Pochettino kerap gagal meraih trofi untuk tim yang ia latih. Sekarang, peruntungannya berubah ketika mulai menangani Paris Saint-Germain (PSG).

Pochettino yang awalnya tidak bergelimang trofi, kini mulai mengenal rasanya meraih trofi.

1. Trophee des Champions, trofi pertama yang didapat Pochettino

Mauricio Pochettino yang Mulai Bergelimang Trofigoal.com

Setelah resmi menjadi manajer PSG pada Januari 2021, Pochettino langsung dihadapkan pada laga Trophee des Champions pada 9 Januari 2021. Di laga itu, PSG harus berhadapan dengan rival abadi mereka di Prancis, Olympique Marseille.

Berbekal pemain-pemain macam Angel Di Maria, Neymar, Mauro Icardi, serta Kylian Mbappe, Pochettino mampu membawa PSG memeragakan permainan yang apik di laga tersebut. Alhasil, PSG mampu memenangi laga dengan skor 2-1, lewat gol-gol yang dicetak Icardi dan Neymar.

PSG pun berhak meraih gelar Trophee des Champions. Bagi para pemain PSG, ini mungkin bukanlah trofi yang amat spesial. Namun, bagi Pochettino, trofi ini jadi gelar perdananya sepanjang karier manajerial di dunia sepak bola.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dibeli Mauricio Pochettino Sepanjang Kariernya

2. Pochettino tambah gelar lagi bersama PSG

Mauricio Pochettino yang Mulai Bergelimang Trofiindependent.co.uk

Setelah gelar Trophee des Champions pada Januari 2021, Pochettino kembali meraih gelar bersama PSG. Kali ini, gelar itu datang dalam wujud trofi Coupe de France, tepatnya pada Mei 2021.

Jadi, PSG sukses menembus babak final Coupe de France 2020/21. Kini, giliran AS Monaco yang mengadang PSG di babak final. Monaco juga bukan lawan yang enteng, karena mereka diperkuat nama-nama macam Cesc Fabregas, Kevin Volland, Stevan Jovetic, dan Wissam Ben Yedder.

Namun, PSG mampu mengatasi Monaco dengan apik di laga ini. Dengan dua gol dari Icardi dan Mbappe, PSG sukses menumbangkan Monaco dengan skor 2-0. Mereka juga sukses memenangi Coupe de France 2020/21.

Gelar ini jadi trofi kedua Pochettino sepanjang karier manajerialnya. Dalam rentang waktu setengah musim saja, bersama PSG, Pochettino sudah mampu meraih dua gelar.

3. Pochettino masih berpeluang bawa PSG raih gelar tambahan

Mauricio Pochettino yang Mulai Bergelimang Trofiskysports.com

Kendati kalah di semifinal Liga Champions dari Manchester City, Pochettino masih berpeluang membawa PSG meraih trofi lagi musim ini. Masih ada gelar Ligue 1 2020/21 yang bisa PSG dapatkan.

Syaratnya, PSG harus memenangi laga terakhir lawan Brest, dan pesaing PSG, Lille, tumbang atau mendapatkan hasil imbang lawan Angers. Jika itu terjadi, gelar Ligue 1 akan jadi trofi ketiga Mauricio Pochettino dalam rentang waktu setengah musim menangani PSG.

Baca Juga: Mauricio Pochettino Bakal Bikin PSG Lebih Berenergi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya