Memori Hujan Gol Argentina Vs Prancis di Kazan Arena

Prancis masih sama, efektif dan klinis

Jakarta, IDN Times - Argentina dan Prancis kembali bersua di Piala Dunia. Tidak tanggung-tanggung, keduanya kini akan bersua di partai sekelas final Piala Dunia 2022 yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022).

Namun, ini jelas bukan kali pertama Argentina dan Prancis bertemu. Total, dilansir 11vs11, keduanya sudah 12 kali bertemu di berbagai ajang internasional. Argentina unggul dengan torehan enam kemenangan, berbanding tiga milik Prancis.

Kendati begitu, Prancis sejatinya sempat mencatatkan keunggulan atas Argentina di Piala Dunia. Itu terjadi baru-baru ini, tepatnya pada 2018 silam. Ketika itu, Prancis dan Argentina bertarung ketat di babak 16 besar.

1. Hujan gol di Kazan Arena

Memori Hujan Gol Argentina Vs Prancis di Kazan ArenaArgentina melawan Prancis di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Pada 30 Juni 2018, Prancis bersua Argentina di babak 16 besar Piala Dunia. Berlaga di Kazan Arena, kedua tim bertarung ketat sepanjang laga. Bahkan, hingga menit 48, sudah tiga gol tercipta bagi kedua tim.

Prancis sempat unggul lewat penalti Antoine Griezmann, sampai akhirnya Angel Di Maria dan Gabriel Mercado membalikkan kedudukan untuk Argentina. Benjamin Pavard kemudian mencetak gol indah untuk menyamakan kedudukan.

Kemudian, dua gol dari Kylian Mbappe membawa Prancis unggul. Argentina sempat menghidupkan harapan lewat gol Sergio Aguero, tetapi semua terlambat. Laga berakhir 4-3 untuk keunggulan Prancis.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Argentina vs Prancis: Giroud Aman?

2. Prancis main efektif di laga ini

Memori Hujan Gol Argentina Vs Prancis di Kazan Arenawww.bbc.com

Seperti yang kita lihat di laga lawan Inggris dan Maroko di Piala Dunia 2022, Prancis versi 2018, saat melawan Argentina bermain efektif. Tercatat, mereka hanya menguasai bola 39 persen, jauh dibandingkan Argentina (61 persen).

Pun dari segi peluang, Argentina menciptakan lebih banyak tembakan di laga ini, dengan rincian 10 berbanding sembilan milik Prancis. Akan tetapi, efektivitas Prancis bicara di laga ini.

Empat tembakan mengarah ke gawang yang Prancis lepaskan, semua berakhir menjadi gol. Sedangkan Argentina, empat dari tembakan mengarah ke gawang yang mereka lepaskan, hanya tiga yang menjadi gol. Efektivitas jadi pembeda di laga ini.

3. Bagaimana kondisi kedua tim di 2022 ini?

Memori Hujan Gol Argentina Vs Prancis di Kazan ArenaSelebrasi pemain Argentina. (fifa.com)

Pada Piala Dunia 2022 ini, Argentina dan Prancis masuk ke dalam daftar tim yang diunggulkan meraih trofi di akhir turnamen. Mereka pun menjawab prediksi tersebut dan melaju hingga ke final.

Akan tetapi, Argentina tahun ini kudu diwaspadai betul oleh Prancis. Berbekal skuad juara Copa America 2021, Albiceleste saat ini jauh lebih komplet dan menakutkan. Tentu, dengan kehadiran Messi sebagai pelengkap.

Sedangkan, Prancis berbekal para pemain jebolan Piala Dunia 2018, plus beberapa amunisi muda, mampu memeragakan lagi permainan efektif sepanjang turnamen. Nah, di hadapan Argentina, akankah efektivitas ini berfungsi?

Baca Juga: INFOGRAFIS: 3 Duel Penentu Final Piala Dunia Argentina Vs Prancis

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya