Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia

Timnas U-20 akan bertempur kembali

Jakarta, IDN Times - Selepas tampil di Piala AFF beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-20 akan kembali mentas di laga internasional. Kali ini, sudah ada Kualifikasi Piala Asia U-20 yang menunggu skuad Garuda Nusantara.

Timnas U-20 tergabung dalam Grup F, bersama dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. Vietnam dan Timor Leste tentu bukan lawan yang asing. Indonesia sering bersua keduanya di kompetisi level Asia Tenggara.

Lain hal dengan Hong Kong. Timnas U-20 Indonesia terbilang jarang bersua dengan Hong Kong. Namun, tim asal Asia Timur ini tetap memiliki potensi, yang jika tidak diwaspadai, akan jadi sebuah bumerang tersendiri bagi Timnas U-20.

Bagaimanakah peta kekuatan lawan-lawan Timnas U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kelak? Mari kita simak bersama-sama.

1. Timor Leste dan Hong Kong yang tak akan beri kesulitan berarti

Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala AsiaTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Dua lawan Timnas U-20 Indonesia di kualifikasi, yakni Hong Kong dan Timor Leste, sejatinya tidak akan memberi kesulitan bagi Indonesia di kualifikasi nanti. Dalam beberapa kesempatan, skuad Garuda Nusantara kerap menundukkan mereka.

Khusus Hong Kong, mereka kebanyakan diperkuat oleh pemain-pemain yang main di liga lokal, pun dengan Timor Leste. Dalam laga uji coba terbaru lawan Thailand, Hong Kong kalah dengan skor 0-2.

Sedangkan Timor Leste, di ajang Piala AFF U-19 2022 lalu, gagal melaju ke fase grup. Jadi, dua tim ini sejatinya tidak memiliki kekuatan spesial, yang sekiranya bisa mengancam Indonesia. Namun, kewaspadaan tetap harus dipasang Pasukan Merah Putih.

Baca Juga: Stadion Pakansari Siap Gelar Laga Timnas Indonesia Vs Curacao

2. Vietnam yang selalu menyulitkan

Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala AsiaKiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Nah, salah satu lawan berat yang patut Timnas U-20 waspadai di Kualifikasi Piala Asia 2023 adalah Vietnam. Pada Piala AFF U-19 2022 lalu, skuad Garuda Nusantara begitu kesulitan menghadapi Vietnam di fase grup.

Buntutnya, hasil imbang lawan Vietnam dan Thailand, pada akhirnya membuat Timnas U-19 urung melaju ke semifinal. Selepas ajang ini, kekuatan Vietnam diprediksi meningkat karena sempat menggelar berbagai laga internasional.

Pada Agustus 2022 lalu, Vietnam ikut Thanh Nien Cup dan sukses membukukan tiga kemenangan dari empat laga. Mereka juga sempat menahan imbang Palestina dalam sebuah laga persahabatan, dan sempat melakoni pemusatan latihan (TC) di Jepang.

Kekuatan Vietnam terletak pada padunya skuad dan organisasi permainan yang rapi. Rata-rata pemainnya sudah main di liga lokal, dan mendapatkan menit bermain yang cukup. Tidak cuma itu, mereka juga dibekali kemampuan olah bola individu yang mumpuni.

Salah satu sosok yang kudu diwaspadai adalah Nguyen Quoc Viet. Pada Piala AFF U-19 lalu, dia keluar sebagai top scorer. Ketajamannya di lini depan jadi hal yang harus diwaspadai oleh skuad Garuda Nusantara.

3. Jadwal Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20

Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala AsiaKiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Petualangan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 segera dimulai. Garuda Nusantara akan mengawali aksinya pada 14, 16, dan 18 September 2022 mendatang. Semua laga akan dihelat di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Berikut jadwal Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

Rabu (14/9/2022), pukul 20.30 WIB: Indonesia vs Timor Leste

Jumat (16/9/2022), pukul 20.30 WIB: Hongkong vs Indonesia

Minggu (18/9/2022), pukul 20.30 WIB: Indonesia vs Vietnam

Baca Juga: Waduh, PSSI Bilang JIS Lebih Cocok di Eropa Ketimbang Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya