Comscore Tracker

Menakar Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023

Indonesia harus melalui perjalanan yang terjal

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sukses melangkah lebih jauh di Kualifikasi Piala Asia 2023. Kepastian itu didapat setelah mereka menundukkan Taiwan dengan total agregat 5-1 dari dua laga di Chang Arena, Thailand.

Kini, Indonesia sukses memastikan satu tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Nah, sekarang mari kita menakar, seperti apa perjalanan yang harus ditempuh oleh Indonesia untuk menuju putaran final Piala Asia 2023, yang rencananya akan dihelat pada Juni sampai Juli 2023 di China.

1. Andai Indonesia tampil sempurna di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Menakar Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023Timnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Sejatinya, Indonesia punya peluang untuk menuju putaran final Piala Asia 2023 lebih cepat. Syaratnya, mereka kudu tampil impresif di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Nah, babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sejatinya juga adalah babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari hasil babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, akan diambil beberapa tim untuk lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023. Biasanya, tim-tim ini merupakan juara dan runner-up grup. Sisanya, akan ada yang masuk ke babak play-off atau ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sialnya, alih-alih tampil bagus, Indonesia justru menjadi juru kunci Grup G, di bawah sederet negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Alhasil, mereka harus rela terdampar ke play-off dan berhadapan dengan Taiwan. Usai menang, Indonesia melaju ke babak ketiga.

Sementara, negara-negara yang sudah memastikan masuk putaran final Piala Asia 2023 adalah China, Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Uni Emirat Arab, Iran, Arab Saudi, Lebanon, Oman, Irak, dan Vietnam. Semua berkat penampilan sempurna mereka di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga: Indonesia Bisa Jumpa Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia

2. Penjelasan singkat soal babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Menakar Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023Timnas Indonesia di Laga lawan Taiwan. (pssi.org)

Sekarang, Indonesia sudah memastikan satu tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, berkat kemenangan atas Taiwan di babak play-off. Rencananya, babak ketiga kualifikasi ini bakal diadakan pada 1 Februari hingga 27 September 2022.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, ada 24 tim yang akan turut serta, terbagi dalam enam grup. Dari ke-24 tim ini, hanya 11 tim saja yang dipastikan lolos ke putaran final, dengan rincian enam juara grup dan lima runner-up terbaik. Mereka akan menyusul 13 tim yang sudah lolos terlebih dulu.

Alhasil, Indonesia minimal harus menjadi runner-up grup agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Lalu, mampukah Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia, setelah terakhir kali melakukannya pada 2007 silam dengan status sebagai tuan rumah?

Baca Juga: Timnas Indonesia Banyak Kekurangan Meski Bantai Taiwan

3. Banyak potensi yang bisa dialami Indonesia di babak ketiga ini

Menakar Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023Timnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. (pssi.org)

Di babak ketiga kualifikasi ini, Indonesia ditempatkan di pot empat bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, serta pemenang antara Kamboja kontra Guam. Masuknya Indonesia ke pot paling buncit ini tak lepas dari buruknya posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Dengan masuknya Indonesia ke pot empat, Indonesia berpeluang melawan tim-tim besar di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini. Ada Uzbekistan, Yordania, dan Bahrain di pot pertama, serta Tajikistan, Kuwait, dan Turkmenistan di pot kedua. Ada juga Yaman dan Hong Kong di pot ketiga.

Indonesia punya potensi besar untuk bertemu tim-tim tersebut. Namun, kejadian satu grup berisi banyak negara Asia Tenggara, bisa terulang di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Hal itu tak lepas dari posisi negara-negara Asia Tenggara yang tersebar di pot dua, tiga, dan empat.

Di pot kedua, ada Filipina dan Thailand. Sedangkan di pot ketiga, ada Singapura dan Malaysia. Berlanjut ke pot keempat, ada Indonesia atau Kamboja, dengan catatan Kamboja mampu mengalahkan Guam. Bisa saja, Indonesia satu grup lagi dengan rekan-rekan Asia Tenggara mereka.

Intinya, banyak kemungkinan yang dapat terjadi kepada Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini. Namun, seperti yang diujarkan Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, para pemain harus meningkatkan kemampuan, karena ke depan, persaingan akan jadi lebih berat.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya