Menanti Realisasi Ultimatum Menpora ke PSSI Soal Timnas U-23 

Kabarnya, ada hukuman yang menanti PSSI

Jakarta, IDN Times - Kegagalan kembali didapatkan PSSI dan Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021. Alih-alih mendapat emas, mereka hanya berpotensi meraih medali perunggu dalam ajang yang dihelat di Vietnam tersebut.

Sontak, hal ini keluar dari target yang ditetapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Padahal, sebelum dihelatnya SEA Games 2021, Menpora sudah memberikan ultimatum pada PSSI, bahwa sepak bola wajib sumbang emas.

1. Ultimatum diucapkan pada Maret 2022

Menanti Realisasi Ultimatum Menpora ke PSSI Soal Timnas U-23 Menpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Ultimatum dari Menpora pada PSSI ini diucapkan pada Maret 2022 silam. Kala itu, Zainudin mewajibkan Timnas U-23 mendulang emas di SEA Games 2021. Apalagi, skuad Garuda Muda melakoni pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.

"Target emas, dan Ketua Umum PSSI sudah tahu itu. Makanya, mereka sudah mengadakan pelatnas, mau dibawa ke Korea Selatan," ujar Zainudin di Wisma Kemenpora, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Mimpi Buruk Timnas U-23 di SEA Games Masih Belum Usai

2. Dahaga emas sepak bola SEA Games belum terpuaskan

Menanti Realisasi Ultimatum Menpora ke PSSI Soal Timnas U-23 Timnas U-23 di SEA Games 2021. (dok. PSSI)

Terakhir kali Indonesia mendapatkan emas SEA Games terjadi pada 1991. Ketika itu, skuad Merah Putih asuhan Anatoli Polosin membukukan emas selepas menumbangkan Thailand di babak final.

Dalam dua SEA Games terakhir, Timnas U-23 gagal meraih emas. Pada gelaran 2017, skuad Garuda Muda hanya meraih medali perunggu, sedangkan pada 2019, Evan Dimas dan kolega hanya mampu meraih perak.

Akibat dari kekalahan lawan Thailand ini, dahaga emas Indonesia dari cabor sepak bola di SEA Games belum teratasi. Timnas U-23 Indonesia masih harus menunggu lagi agar emas itu datang.

3. Dikabarkan ada hukuman menanti Timnas U-23

Menanti Realisasi Ultimatum Menpora ke PSSI Soal Timnas U-23 Timnas U-23 di SEA Games 2021. (dok. PSSI)

Zainudin mengisyaratkan, akan ada hukuman yang menanti Timnas U-23, jika gagal mendapatkan emas di SEA Games 2021. Target ini rupanya tidak hanya menyasar sepak bola saja, tetapi juga cabang-cabang olahraga lain.

"Kan kami akan hitung, ada Asian Games. Kalau terlalu anjlok, nanti di Asian Games berat. Kalau anjlok betul, kami akan pertimbangkan. Makanya, kalau ditanya target, harus emas. Semua olahraga di SEA Games 2021 harus emas," ujar Zainudin.

Nah, menilik pernyataan Zainudin ini, menarik untuk ditunggu, akankah ada evaluasi dan hukuman yang diberikan Menpora kepada PSSI selepas SEA Games 2021 nanti? Apalagi, Timnas U-23 sudah jauh-jauh melakoni TC ke Korea Selatan.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-23 Gagal Raih Emas SEA Games 2021 Usai Ditekuk Thailand

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya