Mengenang Momen Borussia Dortmund ke Indonesia pada 2007

Dortmund pernah ke Indonesia sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat, Borussia Dortmund akan kembali menjejakkan kaki di Indonesia. Mereka berencana melakukan tur Asia Tenggara saat kompetisi Eropa libur memasuki Piala Dunia 2022.

Bagi Dortmund sendiri, Indonesia sejatinya bukanlah tanah yang asing. Pada 2007 silam, mereka juga pernah hadir ke Indonesia. Ketika itu, Dortmund yang dimanajeri pelatih Persija sekarang, Thomas Doll. bersua Indonesia Selection.

1. Dortmund hanya menang tipis 1-0

Mengenang Momen Borussia Dortmund ke Indonesia pada 2007Borussia Dortmund (bvbbuzz.com)

Pada Desember 2007, Indonesia berkesempatan menjajal kekuatan Dortmund asuhan Thomas Doll. Dalam laga yang diguyur hujan lebat sejak awal hingga akhir, skuad Garuda memberikan perlawanan ciamik kepada Dortmund.

Dortmund ketika itu diperkuat nama-nama lawas macam Roman Weidenfeller, Mladen Petric, Nelson Valdez, hingga Christian Worns. Sedangkan Indonesia diperkuat Markus Horison, Firman Utina, Bambang Pamungkas, hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Menekan sepanjang laga, Dortmund akhirnya hanya menang tipis 1-0, lewat gol penalti Mladen Petric. Kebanggaan tersendiri bagi Indonesia mampu menahan Dortmund dengan skor 0-1 kala itu.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund yang Memakai Nomor 8 sebelum Mahmoud Dahoud

2. Dortmund akan kunjungi Singapura, Vietnam, dan Indonesia

Mengenang Momen Borussia Dortmund ke Indonesia pada 2007Erling Haaland, striker Borussia Dortmund, bersama rekan-rekannya di lapangan. (bvb.de)

Nah, pada 2022 ini, Dortmund kembali mengunjungi Asia Tenggara. Ada tiga negara yang akan mereka tuju, yakni Singapura, Vietnam, dan Indonesia, dengan rentang waktu mulai 21 November hingga 1 Desember mendatang.

Di setiap negara, termasuk Indonesia, nantinya Dortmund akan melakukan uji coba dengan tim lokal. Namun, sejauh ini, belum ada informasi tentang tanggal, lokasi laga, dan juga siapa yang akan jadi lawan Dortmund.

3. Dortmund akan banyak membawa pemain muda

Mengenang Momen Borussia Dortmund ke Indonesia pada 2007bundesliga.com

Namun, dalam kunjungannya ke Indonesia ini, Dortmund tidak akan datang dengan kekuatan penuh. Beberapa pemain mereka akan membela Timnas masing-masing di ajang Piala Dunia 2022. Alhasil, mereka akan banyak melibatkan pemain muda.

"Penting bagi kami untuk memaksimalkan para pemain yang tak ikut ke Piala Dunia 2022. Dalam tur nanti, kami akan memasukkan para pemain dari U-23 dan U-19. Kami ingin mengenalkan mereka ke tim senior yang bermain di level tinggi," ujar Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Sebastian Kehl.

Baca Juga: Cerita Thomas Doll Kenapa Memilih Persija Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya