Comscore Tracker

Mengenang Perjalanan Toni Kroos Bersama Timnas Jerman

Banyak cerita yang Toni Kroos torehkan bersama Jerman

Jakarta, IDN Times - Perjalanan Toni Kroos akhirnya tuntas bersama Timnas Jerman. Pada Jumat (2/7/2021), Kroos mengumumkan bahwa dirinya resmi pensiun dari skuad Die Mannschaft, tidak lama setelah Jerman tumbang dari tangan Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020.

"Saya tidak berencana tampil di Piala Dunia 2020 di Qatar. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk bisa memakai jersi ini untuk waktu yang lama. Saya melakukannya dengan bangga dan semangat," ujar Kroos dalam unggahannya di Instagram.

Seiring dengan berakhirnya perjalanan Kroos bersama skuad Jerman, mari kita mengenang apa saja yang sudah dilalui Kroos bersama Timnas Jerman, serta apa-apa saja yang sudah dia raih di level Tim Nasional.

1. Debut Toni Kroos di Timnas Jerman

Mengenang Perjalanan Toni Kroos Bersama Timnas Jermanthe18.com

Debut Kroos bersama skuad Jerman terjadi pada Maret 2010 silam, tepatnya tanggal 3 Maret 2010. Ketika itu, Jerman menghadapi Argentina dalam sebuah laga persahabatan yang dihelat di Allianz Arena.

Sayang, dalam laga yang disaksikan oleh kurang lebih 65.000 penonton itu, Kroos gagal membawa Jerman kepada kemenangan. Jerman takluk dari Argentina dengan skor 0-1 saat itu, lewat gol tunggal yang dicetak oleh Gonzalo Higuain.

Baca Juga: [BREAKING] Toni Kroos Resmi Pensiun dari Timnas Jerman 

2. Gol pertama Kroos bersama Timnas Jerman

Mengenang Perjalanan Toni Kroos Bersama Timnas Jermaninstagram.com/football__hqs

Selama membela Jerman, total Kroos mencatatkan 17 gol dari 106 penampilan di semua ajang. Gol perdana Kroos untuk skuad Jerman ini hadir dalam laga persahabatan melawan Polandia di Energa Gdansk Stadium, 9 Juni 2011.

Ketika itu, Kroos sukses mengeksekusi penalti setelah Thomas Mueller dilanggar oleh salah satu pemain Polandia. Namun, gol dari Kroos ini gagal membawa Jerman menang, setelah Polandia mampu menahan imbang mereka lewat gol-gol dari Robert Lewandowski dan Jakub Blaszczykowski.

3. Capaian Kroos bersama Timnas Jerman

Mengenang Perjalanan Toni Kroos Bersama Timnas JermanFifa.com

Setelah tampil di empat laga persahabatan pada 2010, Kroos langsung dipercaya untuk masuk skuad Jerman di Piala Dunia 2010. Ia bahkan tampil di laga perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Jerman dan Uruguay, membawa Jerman menang dengan skor 3-2 di laga tersebut.

Setelahnya, Kroos juga masuk dalam skuad Jerman yang tampil di Piala Eropa 2012. Ia kembali gagal mengantarkan Jerman menjadi juara, setelah Italia menundukkan mereka di babak semifinal dengan skor 1-2. Mario Balotelli bersinar di laga tersebut.

Berlanjut ke Piala Dunia 2014, Kroos kembali masuk skuad Jerman untuk ajang tersebut. Di ajang ini, Kroos jadi motor Jerman di lini tengah. Ia bahkan menyumbang dua gol buat Jerman di laga semifinal lawan Brasil. Puncaknya, Kroos mampu membawa Jerman menjuarai ajang tersebut.

Selepas mengantarkan Jerman juara dunia di 2014, Kroos belum lagi membawa Jerman juara di ajang bergengsi. Di Piala Eropa 2016, Jerman tumbang oleh Prancis di babak semifinal. Di Piala Dunai 2018, Jerman bahkan tidak lolos babak grup.

Di Piala Eropa 2020, Toni Kroos pun memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya bersama skuad Jerman. Ia mengantarkan Jerman melangkah ke babak 16 besar. Sayang, Jerman gagal melaju lebih jauh setelah takluk di tangan Inggris.     

Baca Juga: 5 Pemain Jerman yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya