Mengingat 2016, Terakhir Kali Manchester United Menang di Anfield

United kerap kesulitan saat tampil di Anfield

Jakarta, IDN Times - Stadion Anfield jadi tempat yang menyeramkan bagi Manchester United dalam beberapa musim terakhir. Ketika mereka melawan Liverpool di sana, United sulit meraih kemenangan. Mereka selalu tenggelam dalam hasil negatif.

Dalam lima pertemuan terakhir lawan Liverpool di Anfield, United tak pernah meraih kemenangan. Total, Setan Merah kalah dua kali dan meraih hasil imbang dua kali. Anfield jadi tempat yang angker bagi United.

Jika boleh mengingat, terakhir kali United mengalahkan Liverpool di Anfield terjadi pada 2016. Ketika itu, United dan Liverpool bersua dalam ajang Premier League 2015/16. United masih diasuh Louis van Gaal, sedangkan Liverpool sudah ditangani Juergen Klopp.

1. United masih dibela Wayne Rooney, Liverpool belum punya trio maut

Mengingat 2016, Terakhir Kali Manchester United Menang di Anfieldpremierleague.com

Duel pada musim 2015/16 tersebut, United dan Liverpool masih diperkuat pemain-pemain lawasnya. Manchester United masih dibela pemain-pemain macam Wayne Rooney, Morgan Schneiderlin, Marouane Fellaini, dan Daley Blind.

Sementara itu, Liverpool juga masih diperkuat pemain-pemain seperti Adam Lallana, Lucas Leiva, Emre Can, Alberto Moreno, Nathaniel Clyne, dan Kolo Toure. Belum ada trio maut Roberto Firmino-Mohamed Salah-Sadio Mane saat itu.

Para pemain lawas ini silih bertarung di Anfield pada musim 2015/16, memperebutkan kemenangan yang saat itu, memang begitu dibutuhkan kedua tim.

Baca Juga: Enam Pertemuan Terakhir, Liverpool Unggul Atas Manchester United

2. Liverpool tampil dominan, United bermain pasif

Mengingat 2016, Terakhir Kali Manchester United Menang di Anfieldpremierleague.com

Dalam laga tersebut, Liverpool tampil begitu dominan. Dari segi persentase penguasaan bola, mereka menorehkan persentase 53,3 persen ditambah dengan total tembakan mencapai 19 kali. Jumlah ini jauh dari yang ditorehkan United.

United bermain lebih pasif di laga ini. Mereka mencatatkan persentase penguasaan bola sebesar 47,7 persen, dengan total tembakan hanya tujuh kali. Meski tampil pasif, United nyatanya mampu menahan gempuran para pemain Liverpool. Mereka lebih banyak mengancam lewat serangan balik.

Tidak cuma itu, United juga banyak memenangi duel udara di laga tersebut, berkat andil Fellaini di lini tengah. Mereka sukses memenangi 18 kali duel udara di laga ini, berbanding 16 kali milik Liverpool.

3. Rooney keluar sebagai pahlawan kemenangan United

https://www.youtube.com/embed/xG2rtgdoEVg

Setelah beberapa kali menggempur lini pertahanan Liverpool lewat serangan balik, United akhirnya mampu mencetak gol kemenangan di laga ini lewat sontekan Rooney. Gol tersebut ia cetak pada menit ke-78.

Bermula dari situasi sepak pojok, Juan Mata mengirimkan umpan silang ke kotak penalti Liverpool. Fellaini menyundul umpan tersebut, namun sundulannya mengenai mistar. Bola pantul dari mistar inilah yang sukses dimanfaatkan Rooney menjadi gol. United pun menang 1-0 di laga ini.

Nah, di laga pekan 19 Premier League 2020/21 nanti, tepatnya Minggu (17/1/2021) malam, Manchester United akan bersua Liverpool lagi di Anfield. Akankah United mampu memutus catatan buruk mereka kala bersua Liverpool di Anfield?

Baca Juga: Jelang Liverpool Vs Manchester United Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya