Comscore Tracker

Mengulas Kemampuan Tyrell Malacia, Cocok Gak di MU Versi Ten Hag?

Malacia punya potensi berkembang di MU

Jakarta, IDN Times - Erik ten Hag akhirnya mengumumkan rekrutan pertamanya sebagai manajer Manchester United. Dia resmi mendatangkan pemain muda Belanda, Tyrell Malacia, ke Old Trafford.

MU diperkirakan menebus Malacia dari Feyenoord dengan mahar seharga 17 juta euro, atau setara Rp261,5 miliar. Tebusan ini pun sudah disertai bonus tambahan untuk Feyenoord.

Dengan segala atribut dan potensi yang dimiliki, mari kita telisik, apakah Malacia akan cocok dalam sistem Ten Hag di MU kelak?

1. Malacia adalah bek kiri eksplosif

Mengulas Kemampuan Tyrell Malacia, Cocok Gak di MU Versi Ten Hag?Tyrell Malacia (manutd.ca)

Sebagai bek kiri, Malacia memiliki kemampuan yang terhitung eksplosif. Kecepatan, cara berlari yang kuat, dan pusat gravitasinya yang rendah jadi kekuatannya. Dia bisa menggiring bola dengan cepat, tetapi juga bisa mengubah arahnya dengan luwes.

Selain eksplosif, Malacia juga agresif. Selama membela Feyenoord, dia selalu memandang ke depan. Dalam artian, dia kerap membuka diri untuk serangan dan menyerang ruang-ruang kosong di lini pertahanan. Namun, jangan salah, aksi bertahannya juga apik.

Baca Juga: Ada Peran Van Persie di Balik Kepindahan Malacia ke MU

2. Kecocokan Malacia dalam sistem Ten Hag

Mengulas Kemampuan Tyrell Malacia, Cocok Gak di MU Versi Ten Hag?Tyrell Malacia (twitter.com/FabrizioRomano)

Sistem bermain Ten Hag di Ajax tidak jauh berbeda dengan Manchester City versi Pep Guardiola. Selain kecairan permainan, ada satu tugas yang diembankan kepada para bek sayap, yaitu jadi opsi melebar ketika serangan dilakukan.

Jadi, bek sayap dalam sistem Ten Hag ini harus punya kemampuan distribusi bola yang tepat, plus kesadaran untuk tahu, kapan harus maju serta menekan lawan. Dia juga harus pandai berkoordinasi dengan bek sayap di sisi yang lain.

Secara kecepatan dan kemampuan berlari, Malacia bisa jadi opsi tepat. Dia bisa menjadi bek sayap yang melebar, atau malah jadi inverted full back. Dia memiliki atribut yang tidak jauh berbeda dengan Joao Cancelo, yakni senang menusuk ke dalam.

Namun, bukan berarti Malacia tidak memiliki aspek untuk dikembangkan. Sebagai bek sayap dalam sistem Ten Hag, Malacia harus punya kemampuan teknik yang bagus. Dalam artian, Malacia harus bisa menguasai dan mengalirkan bola dengan baik.

Kemampuan inilah yang harus ditingkatkan Malacia. Tidak cuma itu, dia juga harus cepat nyetel dengan pemain-pemain lain, terutama winger, agar kecairan permainan tetap terjaga. Apalagi, kecairan adalah masalah Setan Merah sejak beberapa musim lalu.

3. Malacia bisa berkembang di MU

Mengulas Kemampuan Tyrell Malacia, Cocok Gak di MU Versi Ten Hag?Tyrell Malacia (twitter.com/sportbible)

Sangat sulit memang para pemain Belanda tampil apik di MU. Tercatat, hanya Ruud van Nistelrooy, Robin van Persie, serta Jaap Stam, saja yang bisa bersinar. Sisanya, para pemain Belanda gagal bersinar di Old Trafford.

Nah, Malacia punya kesempatan untuk memutus tren buruk itu. Dia punya potensi untuk berpendar di MU. Namun, semua akan bergantung juga pada kemampuan dari Ten Hag selaku manajer,

Jangan sampai, Malacia bernasib seperti Memphis Depay. Direkomendasikan Louis van Gaal, dia justru melempem dan gagal tampil maksimal. Ten Hag punya pekerjaan rumah untuk menyulap Tyrell Malacia jadi bek sayap kiri yang ciamik di MU.

Baca Juga: Christian Eriksen Setuju Gabung Manchester United

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya