Menilik Kekuatan Calon Lawan Timnas U-22 di Semifinal SEA Games 2023

Timnas U-22 berpotensi melawan Vietnam dan Thailand

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 Indonesia sudah memastikan satu tempat di babak semifinal SEA Games 2023. Kemenangan atas Timor Leste di laga ketiga pada Minggu (7/5/2023), membuat raihan poin skuad Garuda Muda tak terkejar lagi.

Nah, di babak semifinal nanti, sudah ada dua lawan yang menanti Indonesia. Mereka adalah Vietnam dan Thailand. Kemenangan yang mereka dapat di laga ketiga, memastikan keduanya lolos ke semifinal.

Perkara siapa lawan siapa, hal itu akan ditentukan oleh laga terakhir fase grup yang bakal dilakoni Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Berikut merupakan kekuatan dari Vietnam dan Thailand, yang begitu gahar di Grup B.

1. Vietnam berisikan kekuatan di AFF U-19 2022

Menilik Kekuatan Calon Lawan Timnas U-22 di Semifinal SEA Games 2023Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/nym).

Di ajang SEA Games 2023 ini, Vietnam memanfaatkan nama-nama lama, yang sudah bersama-sama sejak di U-19. Penggawa mereka ini upanya pernah memperkuat Vietnam di ajang Piala AFF U-19 2022 silam.

Nama-nama U-19 Vietnam yang turun lagi di SEA Games 2023 ini adalah Khuat Van Khang, Nguyen Van Truong, dan Nguyen Quoc Viet. Apiknya, mereka masih jadi motor permainan Vietnam di ajang SEA Games 2023 ini.

Permainan yang diperagakan Vietnam di ajang ini juga ciamik. Kecepatan masih jadi andalan mereka. Namun, ada satu hal yang meningkat dari Vietnam di ajang ini, yaitu efektivitas mereka.

Dalam laga lawan Malaysia, Vietnam sejatinya banyak tertekan oleh para pemain Malaysia. Akan tetapi, mereka mampu beberapa kali melepaskan tekanan berbahaya dan hal itu membawa mereka pada kemenangan.

Baca Juga: Permintaan Erick Thohir Usai Timnas U-22 Tembus Semifinal SEA Games

2. Thailand berisikan kekuatan baru

Menilik Kekuatan Calon Lawan Timnas U-22 di Semifinal SEA Games 2023Timnas U-23 di SEA Games 2021. (dok. PSSI)

Jika Vietnam masih mengandalkan kekuatan lama, lain hal dengan Thailand. Mereka banyak mengandalkan kekuatan baru di skuad mereka. Kebanyakan merupakan pemain-pemain yang mentas di Thai League 2.

Akan tetapi, ada juga beberapa pemain yang mentas di Thai League 1, seperti di Port, Chonburi, Buriram United, hingga Ratchaburi. Ada juga dua pemain yang mentas di Eropa, membela tim Thailand U-23. Alhasil, permainan Thailand cukup rapi.

Dalam tiga laga yang sudah dilalui Thailand, organisasi permainan rapi yang jadi ciri khas mereka sudah tampak. Permutasi posisi dari para pemain, plus aliran bola yang lancar, membuat Thailand mampu lepas dari tekanan lawan.

Selain itu, permainan yang lancar ini juga membuat Thailand mampu membongkar pertahanan lawan serapat apa pun. Tak pelak, mereka mampu mencetak sembilan gol sejauh ini di SEA Games 2023.

3. Timnas U-22 perlu meningkatkan kewaspadaan

Menilik Kekuatan Calon Lawan Timnas U-22 di Semifinal SEA Games 2023Kursi nikahan di ruang ganti Timnas U-22. (twitter.com/PSSI)

Menilik kualitas dari calon lawan Timnas U-22 ini, Rizky Ridho dan kolega harus waspada. Apalagi, sepanjang fase grup, skuad Garuda Muda belum bersua lawan-lawan yang sejatinya memaksa mereka menunjukkan kualitas.

Sedangkan Vietnam dan Thailand, mereka berada di grup neraka, dan itu sudah menguji kualitas mereka. Alhasil, perlu ada persiapan khusus yang dilakukan Timnas U-22, sehingga mereka bisa menghadapi kualitas kedua tim tersebut.

Baca Juga: Tangguhnya Lini Pertahanan Timnas U-22 di SEA Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya