Menilik Kemampuan Calon Kiper Anyar MU, Diogo Costa

Diogo Costa tengah jadi komoditas panas di Eripa

Jakarta, IDN Times - Manchester United (MU) kini tengah dikabarkan berburu penjaga gawang baru, sebagai pengganti jangka panjang untuk sosok David de Gea. Mereka tengah mengarahkan pandangan pada kiper muda Porto, Diogo Costa.

Costa memang tengah jadi komoditas panas di Eropa saat ini. Penampilan apiknya bersama Porto di liga lokal dan juga Liga Champions, mulai menarik minat klub-klub besar. Selain MU, Barcelona dan Newcastle United juga meminatinya.

Seperti apa kemampuan dari Costa ini? Mengapa klub-klub besar Benua Biru begitu ngebet ingin mendatangkannya?

1. Punya kemampuan ball-playing andal

Menilik Kemampuan Calon Kiper Anyar MU, Diogo CostaDiogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Penjaga gawang modern adalah mereka yang tidak hanya andal memblok tendangan atau beraksi di kotak penalti saja. Kiper modern adalah mereka yang andal juga dalam membagi bola. Nah, Costa punya kemampuan itu.

Whoscored mencatat, Costa memiliki rataan umpan per laga sebanyak 34,1 kali, tertinggi kesembilan di Porto sejauh ini. Persentase kesuksesannya juga lumayan, yakni 75,6 persen.

Tidak cuma itu, Costa juga punya rataan umpan panjang yang apik di Porto, dengan torehan 5,3 kali per laga. Catatannya ini jadi yang tertinggi ketiga di antara para pemain Porto yang lain. Catatan ini mencerminkan kelihaian Costa membagi bola.

Baca Juga: Kabar Terkini 7 Kiper MU yang Gagal Geser De Gea Satu Dekade Terakhir

2. Seorang shot stopper yang baik

Menilik Kemampuan Calon Kiper Anyar MU, Diogo Costapotret Diogo Costa bersama FC Porto (mediabasesports.com)

Bukan cuma andal dalam hal membagi bola, Costa juga tidak lupa dengan muruahnya sebagai kiper, yaitu penyetop tembakan. Untuk urusan ini, dia juga tidak kalah mentereng dan memiliki catatan yang apik.

Bersama Porto musim ini, Costa sudah menorehkan rataan penyelamatan sebanyak 1,8 kali per laga, dengan 1,6 di antaranya dilakukan di area penalti. Hal ini mencerminkan ketenangan Costa di kotak 16.

Tidak cuma itu, Costa juga jago dalam hal duel-duel bola atas, serta tak segan melakukan sapuan. Whoscored mencatat, Costa menorehkan rataan sapuan 0.9 kali per laga sejauh ini di Liga Portugal. Potensinya cukup menjanjikan.

3. Pengalaman ciamik sejak usia muda

Menilik Kemampuan Calon Kiper Anyar MU, Diogo CostaDiogo Costa berlatih bersama Portugal. (instagram.com/diogomcosta99)

Costa memang punya banyak atribut apik sebagai penjaga gawang. Namun, bukan cuma itu saja hal-hal yang bikin klub-klub besar Eropa tertarik. Di usianya yang masih muda, Costa sudah kenyang pengalaman di level klub dan timnas junior.

Bersama Porto, Costa sudah tampil dalam 81 laga di semua kompetisi sejauh ini. Dia juga sukses mengantarkan Porto meraih berbagai gelar prestisius, seperti dua gelar liga, dua gelar Piala Portugal, dan satu gelar UEFA Youth League.

Bersama Timnas, Costa juga tak kalah ciamik. Dia pernah mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa U-17 dan U-19. Pengalaman-pengalaman inilah yang membuat Costa terasa istimewa.

Dengan segala atribut yang Diogo Costa miliki ini, tak heran MU begitu serius ingin mendaratkannya. Apalagi, manajer 'Setan Merah' tentu ingin timnya diperkuat kiper yang andal membagi bola. Akankah Costa merapat ke Old Trafford kelak?

Baca Juga: Mantan Kiper MU Berikan Kritik Pedas untuk David De Gea

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya