Menpora Pastikan Kick Off Liga 1 2021/22 27 Agustus

Sebelumnya kick Liga 1 direncanakan 20 Agustus

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan kick off Liga 1 2021/22 yang semula akan digelar pada 20 Agustus diundur jadi 27 Agustus.

"Disepakati bahwa Liga 1 2021/22 akan dimulai 27 Agustus dan ini juga sudah dikomunikasikan kepada PSSI dan PSSI tidak keberatan dengan apa yang kita putuskan itu," kata Zainudin dalam jumpa pers virtual, Senin (9/8/2021).

Zainudin mengklaim telah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait, seperti Polri dan BNPB, yang nantinya juga akan segera menurunkan izin dan rekomendasi.

1. Menpora: Teknis kompetisi sedang disiapkan PSSI

Menpora Pastikan Kick Off Liga 1 2021/22 27 AgustusMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Zainudin mengungkapkan teknis kompetisi akan segera dipersiapkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Dia menjanjikan, teknis kompetisi, terutama soal protokol kesehatan, akan lebih ketat dari Piala Menpora 2021.

"Secara teknis, PSSI dan LIB akansegera mempersiapkan, kemudian soal tempat pembukaan kompetisi nantinya, PSSI dan LIB akan menyelenggarakan pembukaannya yang sudah ditetapkan dalam level PPKM yang rendah, nanti akan diumumkan lagi di mana tempatnya," ujar Zainudin.

Baca Juga: Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?

2. Semua pihak sudah sepakat soal adanya liga

Menpora Pastikan Kick Off Liga 1 2021/22 27 AgustusPertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Menpora menyebut, semua pihak sudah menyepakati bahwa liga harus terlaksana. Baik itu Polri maupun BNPB, semuanya tidak masalah jika Liga 1 dan Liga 2 dihelat, dengan syarat, protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat dan juga diselenggarakan saat kasus COVID-19 mengalami penurunan.

"Disimpulkan semua setuju dan tidak ada keberatan dengan pelaksanaan liga. Polri tidak keberatan, dan setelah diskusi dengan BNPB juga, disepakati, dimulai Liga ini setelah melihat penurunan kasus COVID-19 yang siginfikan, juga melihat pemberlakuan PPKM, yang sekarang menggunakan level," ujar Zainudin.

3. Liga 1 sempat direncanakan tanggal 20 Agustus

Menpora Pastikan Kick Off Liga 1 2021/22 27 AgustusLiga-Indonesia.id

Sebelumnya, Menpora sempat memberi lampu hijau tentang Liga 1 2021/22 yang akan diselenggarakan pada 20 Agustus 2021, menyusul Liga 2 yang akan dihelat tiga pekan selanjutnya. Apalagi, pemaparan dari PSSI dan LIB juga sudah meyakinkan.

"Kan tadi PT LIB sudah memaparkan lengkap, tentang persiapan mereka, bahkan protokol yang diterapkan di Liga 1 dan Liga 2 ini lebih ketat, lebih fleksibel. Saya kira saya sangat memahami itu," ujar Zainudin.

Baca Juga: Dokter Tirta Buka Suara soal Nasib Liga 1 dan Liga 2

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya