Menpora Tepis Sepak Bola Gajah PON Papua: Aceh Vs Kaltim

Menpora sebut insiden di laga Aceh vs Kaltim wajar

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menepis dugaan adanya praktik sepak bola gajah dalam laga sepak bola putra PON XX Papua 2021, antara Aceh dan Kalimantan Timur. Menurutnya, apa yang terjadi di laga itu masih dalam taraf yang wajar.

"Ya memang itu wajar saja, namanya bertanding ada kalah ada menang, itu kalau saya melihat tidak ada sampai sepak bola gajah," tutur Zainudin dalam sesi jumpa pers pada Rabu (6/10/2021).

1. Menpora sudah menanyakan kepada pihak-pihak terkait

Menpora Tepis Sepak Bola Gajah PON Papua: Aceh Vs KaltimMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (8/6/2021). (Dok. Kemenpora)

Zainudin mengungkapkan, dia sudah bertanya ke pihak-pihak terkait mengenai insiden di laga Aceh lawan Kaltim tersebut. Dari situ, dia mendapatkan jawaban gol bunuh diri pemain Kaltim, yang sempat disangkakan praktik sepak bola gajah, bukan hal yang patut dicurigai.

"Jadi beberapa mantan pemain nasional ada di situ, menonton. Saya tanya pada mereka, tak ada kecurigaan di situ. Soal gol yang terjadi, seolah-olah bunuh diri, karena memang kipernya sudah keluar posisi, itu penjelasan mereka," ujar Zainudin.

Baca Juga: Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat 

2. Pelajaran untuk selalu menjaga sportivitas

Menpora Tepis Sepak Bola Gajah PON Papua: Aceh Vs KaltimPertandingan Sepak bola di PON Papua 2021. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dari insiden di laga Aceh lawan Kaltim, Zainudin berpesan kepada semua kontingen untuk tetap menjaga sportivitas. Selain itu, dia juga mengungkapkan setiap tim tidak boleh saling bergantung satu sama lain. Semua harus menunjukkan performa maksimal di setiap pertandingan.

"Jadi, intinya kita jangan menggantungkan nasib pada tim lain. Mudah-mudahan apa yang jadi kecurigaan, tidak terjadi. Karena begitu saya dapat informasi, memang di pertandingan biasa seperti itu (ada protes atau dugaan aneh)," ujar Zainudin.

3. Dugaan praktik sepak bola gajah mencuat di PON Papua

Menpora Tepis Sepak Bola Gajah PON Papua: Aceh Vs KaltimPertandingan Sepak bola di PON Papua 2021. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dugaan praktik sepak bola gajah ramai dibicarakan terjadi di laga sepak bola PON Papua 2021, mempertemukan Aceh dan Kaltim di Stadion Barnabas, Sentani. Di laga itu, Aceh keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Namun, salah satu gol Aceh dicetak dengan cara yang tidak lazim.

Jadi, salah satu pemain Kaltim, Risky Romadan, mencetak gol bunuh diri ke gawangnya. Banyak yang mengira ini tindakan tidak sportif, lantaran Risky seperti menendang bola ke gawang sendiri. Apalagi, kemenangan ini membawa Aceh lolos ke babak selanjutnya bersama Kaltim.

Di sisi lain, Sulawesi Utara yang sejatinya punya peluang lolos, harus rela tersingkir lebih cepat di PON Papua. Dari sinilah, dugaan sepak bola gajah muncul yang bertujuan untuk meloloskan Aceh dan Kaltim.

Baca Juga: Hore! Lampung Masuk 10 Besar Perolehan Medali PON Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya