Menpora Ultimatum Klub: Tolong, Bantu Timnas U-20

Menpora minta para pemainnya untuk melepas klub

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mewanti-wanti klub-klub yang belum melepas pemainnya ke TC Timnas U-20 Indonesia. Dia meminta klub-klub tersebut untuk segera melepas para pemainnya.

Sejauh ini, dikabarkan ada dua klub yang belum melepas pemain mereka ke TC Timnas U-20. Mereka adalah Persija dan Persib. 'Macan Kemayoran' baru melepas lima dari sembilan nama, sedangkan 'Maung Bandung' sama sekali belum melepas.

"Jadi sekali lagi, saya imbau klub-klub yang memang pemainnya diminta untuk ikut ke Timnas, tolong segera diizinkan," ujar Amali, dengan nada tegas di Gelora Bung Karno, Kamis (9/2/2023).

1. Jika ada keberatan, komunikasikan

Menpora Ultimatum Klub: Tolong, Bantu Timnas U-20Menpora dan Ketum PSSI di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Amali juga berkata, jika memang klub ada keberatan tersendiri soal pemanggilan ini, ada baiknya dikomunikasikan secara langsung. Ada beberapa pihak yang bisa diajak oleh klub untuk berdiskusi mengenai masalah ini.

"Kalau ada masalah ya didisukaikan, kalau ada yang jadi keberatan klub silakan datang ke Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), bicara dengan coach Shin (Tae Yong), dengan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, semua bisa diselesaikan," kata Amali.

Baca Juga: Sanjungan untuk Ketum PSSI, Menpora: Ketum PSSI Luar Biasa

2. Kepentingan nasional harus didahulukan

Menpora Ultimatum Klub: Tolong, Bantu Timnas U-20Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Lebih lanjut, Amali menyindir para klub yang tak mau melepas para pemainnya. Dia bertanya-tanya kenapa masih satu bangsa (klub dengan Timnas), tetapi perilakunya seperti dengan orang lain. Kepentingan nasional harus di atas segalanya.

"Mohon betul ini dipahami, dan mudah-mudahan dengan apa yang sudah disampaikan Ketum, kemudian saya pertegas, para pemilik klub dan pelatihnya, tergugah untuk melepas pemainnya demi kepentingan nasional," ujar Amali.

3. Semua pihak harus turut membantu Piala Dunia U-20 2023

Menpora Ultimatum Klub: Tolong, Bantu Timnas U-20Menpora dan Ketum PSSI di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terakhir, Amali mengungkapkan bahwa semua pihak untuk mendukung persiapan Timnas U-20 Indonesia menuju ke Piala Dunia U-20 2023. Sebab, pada akhirnya, keberhasilan Indonesia di ajang itu tak lepas dari kerja sama semua pihak.

"Oleh karena itu, saya imbau ke semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, daerah, Asprov (Asosiasi Provinsi) PSSI, pemilik klub, dan pelatih, tolong dukunglah persiapan Timnas U-20 menuju ke Piala Dunia U-20 2023," tegas Menpora Amali.

Baca Juga: Menpora Janji Siapkan Payung Hukum Perbaiki Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya