Comscore Tracker

Meski PSS Kalah, Saddam Gaffar Layak Tuai Pujian

Saddam tampil klinis lawan Persib

Jakarta, IDN Times - PSS Sleman memang kalah dari Persib Bandung dalam gelaran Piala Menpora 2021. Namun, penampilan mereka patut diacungi jempol, terutama jika menilik performa salah satu penyerangnya, Saddam Gaffar.

Saddam memang bukan pemain sembarangan. Dia masuk dalam jajaran penggawa Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong yang dibawa ke Spanyol, Januari 2021 silam. Ketika itu, dia jadi juru gedor bersama dengan Irfan Jauhari dan Braif Fatari.

Dalam dua laga lawan Persib, Saddam membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang masa depan Indonesia. Dua bek Persib, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo, sampai dibuat mati kutu oleh Saddam.

Baca Juga: Partai Impian Persib Vs Persija Tercipta di Final Piala Menpora

1. Saddam mencetak dua gol ke gawang Persib

Meski PSS Kalah, Saddam Gaffar Layak Tuai PujianPSS vs Persib. (dok. Media PSS)

Saddam sukses membobol gawang Persib sebanyak dua kali dalam dua pertemuan. Pada leg 1 di Maguwoharjo, Saddam mencetak gol lewat sundulan. Memanfaatkan umpan silang Samsul Arifin, dia menyelinap di antara para bek dan sukses membobol gawang Persib dengan sundulannya.

Sedangkan di leg 2, Saddam mencetak gol dengan sepakan kaki kirinya. Skemanya tidak berbeda jauh dengan gol di leg pertama. Bermula dari umpan silang yang lagi-lagi dilepaskan Samsul Arifin, Saddam sukses menceploskan bola ke gawang Persib.

Dua gol ke gawang tim seperti Persib jadi salah satu pembuktian kualitas dari Saddam kepada Dejan Antonic. Nyatanya, dia memang pemain yang berbahaya dan punya potensi besar.

2. Saddam bukan penyerang malas

Meski PSS Kalah, Saddam Gaffar Layak Tuai PujianPSS vs Persib. (dok. Media PSS)

Selain memiliki insting predator di kotak penalti, Saddam juga bukan penyerang malas. Ketika aliran bola minim kepadanya, dia kerap turun ke area sepertiga akhir dan mencari bola. Dia kemudian membagikan bola tersebut ke pemain lain agar serangan tidak terhenti.

Saddam juga rajin bergerak untuk mengacaukan konsentrasi pemain bertahan lawan. Pergerakannya di lini pertahanan lawan selalu berhasil membuka ruang bagi para pemain PSS lainnya menjebol gawang lawan. Jadi, meski tak cetak gol, Saddam punya peran penting lain di tim, yakni sebagai penafsir ruang.

3. Pengganti yang tepat buat Yevhen Bokhashvili?

Meski PSS Kalah, Saddam Gaffar Layak Tuai PujianHumas Kemenpora / Striker muda PS Sleman, Saddam Gaffar

Jelang Piala Menpora 2021, PSS kehilangan penyerang andalannya, Yevhen Bokhashvili. Kehilangan pemain asal Ukraina itu jadi sesuatu yang disesalkan, mengingat pada musim 2019 lalu, kontribusinya sangat besar dengan mencetak 16 gol dari 33 laga yang dilalui bersama PSS di Liga 1.

Berkat penampilannya di dua laga semifinal Piala Menpora, Saddam digadang-gadang jadi pengganti untuk Bokhashvili. Akan tetapi, suporter agaknya tidak boleh terburu-buru, mengingat usia Saddam yang masih muda. Dia masih butuh jam terbang lebih banyak di liga nanti.

Baca Juga: [BREAKING] Tahan Imbang PSS, Persib ke Final Piala Menpora 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya