Comscore Tracker

Mesut Oezil Beri Pesan agar Sepak Bola Indonesia Maju

Infrasturktur sepak bola Indonesia dinilai masih jelek

Jakarta, IDN Times - Mesut Oezil menyinggung soal sepak bola Indonesia dalam acara kerja sama Concave Indonesia dengan dirinya di Gedung Kemenparekraf, Rabu (25/5/2022). Menurutnya, ada hal positif dan negatif yang tampak dari sepak bola tanah air.

Positifnya, sepak bola jadi olahraga yang makin digandrungi di Indonesia. Banyak orang yang memainkan olahraga ini. Namun, Oezil juga tidak abai akan hal-hal negatif dari dunia bal-balan Indonesia, terutama soal infrastruktur dan akademi.

1. Mesut Oezil sebut infrastruktur bola Indonesia masih buruk

Mesut Oezil Beri Pesan agar Sepak Bola Indonesia MajuMesut Oezil di Kemenparekraf. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Oezil mengungkapkan, infrastruktur sepak bola Indonesia masih kurang. Hal tersebut tidaklah salah, mengingat masih banyak stadion yang kurang layak di Indonesia. Plus, beberapa klub Indonesia juga tidak memiliki fasilitas latihan sendiri.

"Sepak bola Indonesia memang makin maju dan digandrungi, tetapi harus diakui, infrastrukturnya masih kurang," ujar Oezil.

Baca Juga: Mesut Oezil Jagokan Real Madrid Juara Liga Champions

2. Indonesia harus mau berinvestasi di infrastruktur dan akademi

Mesut Oezil Beri Pesan agar Sepak Bola Indonesia MajuBali United juara Liga 1 2021/22. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Lebih lanjut, Oezil juga menyarankan agar sepak bola Indonesia mau berinvestasi di infrastruktur dan akademi muda. Dengan akademi dan infrastruktur yang apik, sepak bola Indonesia memiliki potensi besar untuk maju.

"Indonesia harus berani berinvestasi di infrastuktur dan akademi pemain muda. Jadi jika ingin sepak bolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak untuk dua hal tersebut," ujar Oezil.

3. Mesut Oezil sudah tiba di Indonesia

Mesut Oezil Beri Pesan agar Sepak Bola Indonesia MajuMesut Oezil di Kemenparekraf. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sejak Selasa (24/5/2022) lalu, Mesut Oezil sudah tiba di Indonesia. Kedatangannya di Tanah Air ini dalam rangka menghadiri beberapa acara, salah satunya peresmian kerja sama antara Oezil dan Concave Indonesia, didukung pula oleh Kemenparekraf.

Selain itu, Mesut Oezil juga rencananya akan mengadakan coaching clinic, melatih anak-anak muda di Indonesia. Akan tetapi, rencana ini harus dilaksanakan dengan arahan dan panduan dari PSSI selaku federasi.

Baca Juga: Mesut Oezil Ingin Rasakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya