Comscore Tracker

Mikel Arteta Senang Arsenal Kini Lebih Baik dan Adaptif

Arsenal kini sudah jauh berkembang dibanding sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Ekspresi wajah Mikel Arteta selepas laga Arsenal lawan Southampton penuh dengan kebahagiaan. Hal ini sejalan dengan hasil apik yang diraih timnya dalam pertandingan, termasuk dalam pekan ke-20 Premier League 2020/21 tersebut.

Dalam laga yang dihelat Rabu (27/1/2021) dini hari di St. Mary, Arsenal sukses menjungkalkan Southampton dengan skor 3-1. Bukayo Saka, Alexandre Lacazette, dan Nicolas Pepe jadi penyumbang gol kemenangan Arsenal di laga ini.

Menyoal hasil yang diraih timnya, Arteta menyebut kondisi Arsenal kini sudah jauh lebih baik. Apalagi, timnya mampu meraih 16 poin dari kemungkinan 18 poin yang mereka dapat dari enam laga terakhir Premier League 2020/21.

"Momen ketika kami mulai meraih kemenangan, kepercayaan diri kami meningkat dan kami mulai tumbuh, saling memahami satu sama lain dengan lebih baik. Beberapa pemain juga mulai kembali dan semangat kami terangkat. Sekarang, semua jauh lebih baik," ujar Arteta, dilansir situs resmi klub.

1. Arteta sebut timnya juga sudah lebih adaptif

Mikel Arteta Senang Arsenal Kini Lebih Baik dan AdaptifSouthampton vs Arsenal. (Twitter.com/Arsenal)

Satu hal lain yang membuat Arteta senang adalah mengenai timnya yang mulai bisa beradaptasi dengan permainan lawan. Khusus di laga ini, ia menyoroti kemampuan para pemainnya yang mampu mematahkan pressing ketat Southampton.

"Kami bisa mematahkan tekanan lawan di laga ini (lawan Southampton). Oleh karena itu, kami punya posisi lebih baik dan punya banyak ruang untuk menunjukkan kualitas kami. Itu adalah perkembangan yang bagus," ujar Arteta.

Selain itu, Arteta juga senang dengan kemampuan timnya dalam bertahan. Mereka mampu merebut bola dari lawan di area-area berbahaya, sembari mampu menjaga kedalaman sama baiknya.

"Secara aspek pertahanan, kami baik dalam melakukan pressing tinggi dan memenangi bola di area-area berbahaya. Ketika kami harus bertahan lebih dalam, kami juga mampu melakukannya dengan baik," ujar Arteta.

Baca Juga: 3 Catatan dari Kemenangan Arsenal Atas Southampton 

2. Arteta siap mengarahkan Saka jadi lebih baik

Mikel Arteta Senang Arsenal Kini Lebih Baik dan AdaptifSouthampton vs Arsenal. (Twitter.com/Arsenal)

Di laga ini, Bukayo Saka kembali berkontribusi dalam kemenangan Arsenal lewat torehan satu golnya. Arteta mengungkapkan, Saka memang memiliki talenta, tetapi ia juga perlu diasuh dengan baik agar talentanya itu kelak mekar.

"Ia (Saka) memiliki talenta dan ia mau bermain di berbagai posisi yang berbeda. Namun, dalam beberapa momen, kami juga harus membuatnya tampil stabil. Kami harus fokus mengasuhnya, membawanya jadi lebih baik ke depan," kata Arteta.

3. Dapatkah Arsenal mengakhiri musim di papan atas?

Mikel Arteta Senang Arsenal Kini Lebih Baik dan AdaptifSouthampton vs Arsenal. (Twitter.com/Arsenal)

Dengan konsistensi yang kini ditunjukkan Arsenal, mereka punya peluang untuk mengakhiri musim di posisi yang lebih baik. Namun, Arteta belum mau berspekulasi banyak soal itu. Ia ingin fokus menjaga konsistensi penampilan timnya saat ini.

"Saya hanya ingin melihat Arsenal jadi lebih baik, karena kami baru saja tampil baik dan konsisten. Kami ingin berkembang secara tim. Esok adalah hari baru. Kami akan kembali berlatih, meninjau ulang permainan, dan mengembangkan area-area yang memang sekirangya perlu kami kembangkan," kata Mikel Arteta.

Baca Juga: Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya