Momen Indah Burnley Vs Southampton Terhenti karena Buka Puasa

Dua pemain Southampton bisa berbuka puasa

Jakarta, IDN Times - Sebuah momen toleransi terjadi di Premier League. Laga tunda pekan 30 yang mempertemukan Burnley lawan Southampton, Jumat (22/4/2022) dini hari WIB, sempat terhenti di babak pertama karena momen buka puasa.

Dilansir Daily Mail, ada dua pemain Southampton, yakni Mohamed Elyounoussi dan Yan Valery yang berbuka puasa. Keduanya memang beragama Islam dan tetap menjalankan ibadah puasa di ramadan kali ini.

1. Bukan kejadian pertama di Premier League

Momen Indah Burnley Vs Southampton Terhenti karena Buka Puasapotret Abdoulaye Doucoure (skysports.com)

Kejadian buka puasa pemain di tengah lapangan ini bukan yang pertama kali di Premier League. Awal April 2022 ini, ketika puasa memasuki pekan pertama, Abdoulaye Doucore, pemain Everton, juga berkesempatan buka puasa ketika pertandingan.

Semusim lalu, Wesley Fofana dan Cheikhou Kouyate juga mendapatkan kesempatan buka puasa di tengah laga. Hal itu terjadi saat Leicester City bersua Crystal Palace.

Baca Juga: Paul Pogba: Islam Itu Indah

2. Premier League beri perhatian pada pemain yang berpuasa

Momen Indah Burnley Vs Southampton Terhenti karena Buka PuasaInstagram

Kepala Medis Crystal Palace, Dr. Zaf Iqbal, mengungkapkan Premier League sudah mulai memberi perhatian terkait ibadah puasa. Para manajer dan staf pelatih di tim juga mulai mengakomodir para pemainnya yang berpuasa.

"Senang rasanya melihat manajer dan staf pelatih lebih memahami kepercayaan para pemainnya dan mengakomodasi itu. Hal ini bisa menciptakan harmoni dan saling pengertian dalam satu tim," ujar Iqbal.

3. Para pemain Muslim tak perlu takut lagi

Momen Indah Burnley Vs Southampton Terhenti karena Buka Puasapotret Mohamed Salah dan Sadio Mane (goal.com)

Berkaca dari kejadian di laga Burnley lawan Southampton, Iqbal menyebut para pemain Muslim setidaknya tidak perlu takut lagi untuk mengakui  mereka sedang berpuasa. Ada akomodasi yang diberikan liga dan klub bagi mereka.

"Memang, para pemain Muslim tidak harus berharap Premier League akan mengubah jadwal mereka demi mengakomodasi para pemain Muslim. Namun, dari laga Burnley lawan Southampton ini, para pemain setidaknya tidak perlu takut berpuasa," ujar Iqbal.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya