Momen Ratu Elizabeth II Bersama Arsenal: Perjamuan di Buckingham

Ratu Elizabeth II tidak datang di peresmian Emirates Stadium

Jakarta, IDN Times - Ratu Elizabeth II, sampai akhir hayatnya, tak pernah mengungkap tim Premier League mana yang dia dukung. Namun, salah satu tindakannya pada 2007, setidaknya bisa mencerminkan bahwa dia menjagokan Arsenal.

Kala itu, Elizabeth menjamu semua penggawa tim Arsenal dalam sebuah pesta minum teh di Buckingham. Hampir semua pemain merasakan jamuan istana, termasuk Thierry Henry, Cesc Fabregas, hingga Freddie Ljungberg.

Kenapa Ratu Elizabeth II sampai melakukan hal sedemikian rupa? Apa yang membikin Arsenal mendapatkan perlakuan spesial macam itu?

1. Elizabeth II tidak datang ke peresmian Emirates Stadium

Momen Ratu Elizabeth II Bersama Arsenal: Perjamuan di Buckinghamarsenal.com

Pada 2006, Arsenal mengundang Elizabeth II untuk menghadiri peresmian Emirates Stadium, markas baru Arsenal. Dia direncanakan akan memotong pita, yang menandakan Emirates Stadium siap dipakai. Namun, karena satu dan lain hal, ratu tak bisa datang.

Akhirnya, Pangeran Philip-lah yang mewakili sang ratu dalam acara tersebut. Siapa sangka, ketidakhadiran sang ratu ini ternyata membuat adanya ketidakpuasan yang muncul di jajaran Kerajaan Inggris Raya.

Pihak kerajaan mengaku kecewa, tidak bisa menghadiri peresmian Emirates Stadium. Untuk menebusnya, sang ratu mengundang jajaran manajemen, pemain, dan staf pelatih tim untuk hadir di acara pesta teh di Buckingham.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Premier League Pekan Ini Ditunda?

2. Pesta teh yang berujung jamuan makan dan tur istana

Momen Ratu Elizabeth II Bersama Arsenal: Perjamuan di BuckinghamRatu Elizabeth menjamu Arsenal di Buckingham. (twitter.com/afcstuff)

Memenuhi undangan sang ratu, jajaran manajemen, pemain, dan staf pelatih Arsenal hadir ke Buckingham pada Februari 2007. Undangan yang awalnya hanya berupa pesta teh, berubah menjadi tur istana, dan jamuan makan bagi para pemain Arsenal.

Direkur Arsenal saat itu, Ken Friar, mengaku bahwa undangan dari istana ini jadi sebuah hal spesial baginya. Dia sudah sering melakoni perjalanan bisnis, tetapi undangan dari sang ratu ini memiliki makna lebih dari itu.

"Saya sudah banyak menjalani perjalanan bisnis, dan beruntung bisa melakukan banyak hal selama perjalanan tersebut. Namun, undangan ke istana ini jadi sebuah titik terpenting dalam hidup saya," ujar Friar dilansir BBC.

Dalam jamuan itu, para pemain Arsenal disuguhi beragam menu yang, uniknya, memenuhi keinginan nutrisi Arsene Wenger, manajer Arsenal kala itu. Variasi makanan yang disajikan membuat Wenger puas. Belum lagi, ada teh yang siap mereka teguk.

Nah, perkara teh ini, ada hal menarik yang dialami Manuel Almunia, kiper Arsenal kala itu. Dia tidak menyukai teh, tetapi pada akhirnya dia terpaksa meneguk teh untuk menghormati ratu.

Selain pesta teh dan jamuan makan, para pemain Arsenal juga berkesempatan melakukan tur di istana. Mereka mengunjungi apartemen pribadi yang berisikan koleksi dari karya-karya Desmond Shawe-Taylor.

3. Elizabeth II bercengkrama dengan para pemain Arsenal

Momen Ratu Elizabeth II Bersama Arsenal: Perjamuan di Buckinghaminstagram.com/theroyalfamily

Sepanjang jamuan di istana, Ratu Elizabeth II acap mengobrol dengan para pemain. Dia sempat berkelakar kepada Julio Baptista, Denilson, dan Gilberto Silva, tiga pemain Arsenal kala itu yang sama-sama berasal dari Brasil.

"Oh, ternyata ada tiga pemain Brasil ya!" kelakar sang ratu, saat Thierry Henry memperkenalkan Silva, Denilson, dan Baptista.

Dalam jamuan itu, sang ratu juga sempat mengobrol dengan Fabregas, yang masih berusia 19 tahun. Dia mengaku bahwa ratu ternyata adalah seorang 'Gooners'. Salah satu cirinya, dia bahkan tahu tentang dirinya yang masih muda saat itu.

"Ternyata, sang ratu benar-benar mengikuti perkembangan sepak bola dan memberi tahu kami bahwa dia adalah fans Arsenal. Dia bahkan tahu soal saya yang saat itu masih muda," ujar Fabregas.

Jamuan ini pun diakhiri pemberian emblem perak dari Arsenal untuk Ratu Elizabeth II. Sejarah pun tercipta. 'Meriam London' jadi satu-satunya klub Premier League yang pernah dijamu di Buckingham, sesuatu yang mungkin tak akan dialami klub-klub lain.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Duo Manchester Kirim Pesan Belasungkawa 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya