Momen Tepat Elkan Baggott Kembali ke Timnas Indonesia

Elkan Baggott nyatakan siap membela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Perseteruan itu akhirnya usai. Elkan Baggott, sosok yang sempat menjadi sasaran amuk lantaran enggan membela Timnas Indonesia, mulai buka suara. Dia menyatakan siap membela skuad Garuda.

Dalam sebuah surat resmi yang dilayangkan ke PSSI, Elkan minta maaf lantaran tidak bisa ikut dalam pemusatan latihan di Dubai, Mei 2021 lalu. Dia menyebut, aturan karantina yang ketat dari Inggris membuatnya urung berangkat ke Dubai. Ipswich Town, klubnya, juga menyarankan agar dia tidak pergi.

Sekarang, masalah ini sudah jelas. Elkan menegaskan komitmennya untuk Timnas Indonesia. Dia siap untuk membela skuad Garuda lagi di laga-laga yang akan datang, sembari menanti panggilan Shin Tae Yong untuk dirinya.

"Sekarang saya bersyukur karena situasi COVID-19 di Inggris dan Indonesia lebih baik setelah banyak yang melakukan vaksinasi," tutur Elkan.

Pertanyaannya, apakah sekarang momen yang tepat bagi Elkan untuk kembali? Jawabannya, tentu saja.

1. Jadi bekal Indonesia untuk laga Kualifikasi Piala Asia 2023

Momen Tepat Elkan Baggott Kembali ke Timnas IndonesiaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Kesiapan Elkan membela Timnas Indonesia ini jadi angin segar buat skuad Garuda. Pasalnya, dia bisa jadi pilihan lain Shin di lini belakang Indonesia untuk ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Dia bisa jadi pelapis atau pelengkap lini belakang Indonesia yang punya Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, dan Andy Setyo.

Apalagi, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan lawan berat di Kualifikasi Piala Asia 2023. Masuk pot empat, Indonesia berpeluang menghadapi lawan-lawan berat macam Uzbekistan, Kuwait, Yordania, Tajikistan, Bahrain, maupun Palestina.

Baca Juga: Timnas U-23 vs Australia, Shin: Kami Percaya Diri

2. Jadi bekal juga buat Timnas U-23

Momen Tepat Elkan Baggott Kembali ke Timnas IndonesiaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Tidak cuma untuk skuat Indonesia senior, hadirnya Elkan juga bisa jadi pilihan lain bagi Timnas U-23. Saat ini, Timnas U-23 akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 menghadapi Australia pada 26 dan 29 Oktober 2021 di Tajikistan.

Memang, nama Elkan tidak masuk skuad yang akan menghadapi Australia. Namun, seandainya Timnas U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23, Elkan bisa jadi pertimbangan. Tidak hanya itu, dia juga bisa memperkuat Indonesia di SEA Games 2021, jika memang klubnya mengizinkan.

3. Elkan punya kemampuan apik sebagai bek

Momen Tepat Elkan Baggott Kembali ke Timnas IndonesiaElkan Baggott. (Timnas U-19).

Selaku bek, Elkan dianugerahi tinggi badan yang apik, yakni 1,94 meter. Dengan tinggi badan ini, dia acap menjadi andalan dalam menghadapi duel-duel udara. Nah, bek tinggi dengan kemampuan duel udara apik inilah yang diperlukan.

Elkan juga punya kemampuan membaca permainan yang apik, tercermin dari tekel dan intersep yang acap dia lakukan. Dengan usianya yang 19 tahun, Elkan Baggott punya potensi untuk berkembang, dan bisa memberikan impak positif buat Timnas Indonesia di masa depan.

Baca Juga: 10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya