Comscore Tracker

Momentum Inggris Pupus Rekor Buruk Lawan Prancis

Les Bleus lebih dominan jika berduel dengan Inggris

Jakarta, IDN Times - Inggris akan bersua lawan berat di perempat final Piala Dunia 2022. Pada Minggu,11 Desember 2022. Skuad 'Tiga Singa' sudah ditunggu oleh lawan berat sesama tim Eropa, Prancis.

Duel antara Inggris dan Prancis ini menyajikan sebuah rivalitas klasik. Ditambah lagi, kondisi Inggris dan Prancis juga tengah ciamik di Piala Dunia 2022 ini. Keduanya sama-sama produktif dan rutin mencetak gol.

Akan tetapi, ada satu catatan yang kudu diwaspadai Inggris. Ya, beberapa tahun terakhir, mereka kesulitan setiap kali bersua Prancis.

1. Inggris kalah catatan pertemuan

Momentum Inggris Pupus Rekor Buruk Lawan PrancisTimnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Squawka)

Dalam enam laga terakhir, Inggris terbenam oleh dominasi Prancis. Mereka hanya menang sekali. Sisanya, mereka kalah empat kali dan satu laga lain berakhir imbang.

Satu-satunya kemenangan yang didapat Inggris atas Prancis terjadi pada 2015 silam. Saat itu, dalam sebuah laga persahabatan, Inggris menang 2-0 atas Prancis lewat gol-gol yang dilesakkan Dele Alli dan Wayne Rooney.

Baca Juga: Inggris vs Prancis: Rivalitas Klasik di Piala Dunia 2022

2. Upaya Inggris memperbaiki catatan

Momentum Inggris Pupus Rekor Buruk Lawan PrancisInggris vs Iran di Piala Dunia 2022. ( ANTARA FOTO/Reuters--Marko Djurica)

Meski kalah dalam head to head, Inggris punya potensi memperbaiki catatan mereka lawan Prancis di Piala Dunia 2022 ini. Inggris sejauh ini tercatat sebagai tim terproduktif, dengan torehan 12 gol.

Permainan Inggris begitu cair di Piala Dunia 2022 ini. Dengan sosok-sosok macam Jude Bellingham, Marcus Rashford, Bukayo Saka, hingga Harry Kane, Inggris bisa mengeksekusi banyak sekali skema serangan dalam sebuah laga.

Ditambah lagi, Inggris juga punya pertahanan kuat yang digalang Harry Maguire dan John Stones, ditopang Declan Rice dari lini tengah. Tak pelak, Inggris begitu ciamik di Piala Dunia 2022 ini.

3. Pertemuan perdana di fase gugur Piala Dunia

Momentum Inggris Pupus Rekor Buruk Lawan PrancisPemain Inggris, Marcus Rashford, coba mengelabui kiper Wales, Danny Ward, dalam duel pamungkas di babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Bagi Inggris dan Prancis, ini adalah kali pertama mereka bertemu di fase gugur Piala Dunia. Mereka memang pernah bertemu di Piala Dunia 1966, tetapi itu terjadi di babak grup. Inggris menang dua kali di laga itu.

Inggris dan Prancis lebih banyak berjumpa di ajang Piala Eropa dan laga persahabatan. Kini, sejarah terciptanya bagi keduanya. Inggris dan Prancis dipertemukan dalam panggung menentukan bertajuk perempat final Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Inggris Pastikan Tantang Prancis

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya