Nasib Shin Tae Yong Bersama Timnas Indonesia Tidak Aman

Shin masih berpotensi dipecat

Jakarta, IDN Times - Saat ini, Shin Tae Yong memang masih menjadi pelatih Timnas Indonesia. Namun, nasib sosok asal Korea Selatan itu ternyata masih belum aman. Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick menegaskan, Shin masih memiliki kontrak bersama Indonesia hingga Desember 2023 mendatang. Namun, dia tidak menutup kemungkinan untuk tidak memperpanjang kontrak dari eks pelatih Seongnam tersebut.

"Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae Yong bahwa beliau itu kontraknya habis di bulan Desember. Kan opsinya perpanjang atau tidak perpanjang," ujar Erick di Hotel Fairmont, Jumat (26/5/2023).

1. Piala Asia 2023 jadi momen penentuan

Nasib Shin Tae Yong Bersama Timnas Indonesia Tidak AmanTimnas Indonesia versus Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023). (IDN Times/Tino).

Erick berkata, Shin tetap diberi kesempatan untuk unjuk gigi, setelah Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia. Kesempatan itu datang di ajang Piala Asia 2023, serta Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan mulai di akhir 2023 hingga awal 2024.

"Tapi kita ada kesepakatan bahwa Shin akan menangani tim sampai Piala Asia 2023, lalu nanti ada juga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Erick.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Argentina Lawan Sepadan Buat Timnas Indonesia

2. Sudah ada kesepakatan antara Erick dan Shin

Nasib Shin Tae Yong Bersama Timnas Indonesia Tidak AmanKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan di SUGBK, Jumat (19/5/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Lebih lanjut, Erick berkata bahwa sudah ada kesepakatan yang terjalin antara dirinya dan Shin. Kesepakatan itu bersifat gentleman, dan ada kemungkinan salah satu efek dari kesepakatan itu adalah pemecatan Shin.

"Saya dan Shin sudah menyepakati. Jadi saya rasa hal yang gentleman sudah disampaikan kita berdua daripada ngomong di belakang. Intinya semua coach harus punya kesempatan yang sama," kata Erick.

3. Bakal ada perubahan di staf kepelatihan

Nasib Shin Tae Yong Bersama Timnas Indonesia Tidak AmanPelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong. (pssi.org)

Dalam beberapa waktu ke depan, akan ada perubahan di staf kepelatihan Timnas. Indra Sjafri, yang sukses menangani Timnas U-22 di SEA Games 2023, akan menangani lagi skuad Garuda Muda di Asian Games 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-23.

Kemudian, PSSI juga diperkirakan akan merekrut Direktur Teknik dari luar negeri. Saat ini, dikabarkan federasi tengah mengecek (CV) curriculum vitae dari sosok asal Jerman untuk posisi Dirtek. Alhasil, nasib Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia masih abu-abu.

Baca Juga: Indra Sjafri Lewati Torehan Shin Tae Yong dan Luis Milla di SEA Games

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya