Newcastle United Jeblok Lagi di Premier League, Gara-gara Apa?

Newcastle United kalah tiga kali beruntun

Jakarta, IDN Times - Newcastle United sempat menjadi tim yang sulit dikalahkan di Premier League 2021/22. Pada medio Desember 2021 hingga 11 Maret 2022, tim asuhan Eddie Howe itu sama sekali tak tersentuh kekalahan.

Namun, semua berubah ketika Newcastle bersua Chelsea pada 13 Maret 2022. Mereka tumbang dengan skor 1-0. Setelah itu, kekalahan jadi sesuatu yang akrab lagi bagi Newcastle. Kenapa itu bisa terjadi?

1. Newcastle kalah beruntun

Newcastle United Jeblok Lagi di Premier League, Gara-gara Apa?Chelsea melawan Newcastle United (90min.com)

Selepas kekalahan dari Chelsea, Newcastle bersua Everton dan Tottenham Hotspur. Menghadapi 10 pemain Everton, mereka bahkan tidak berkutik dan akhirnya tumbang dengan skor tipis 1-0.

Bertemu Tottenham, Newcastle lebih sial lagi. Bertempat di Tottenham Hotspur Stadium, The Magpies kalah telak dengan skor 5-1. Tiga kekalahan ini sontak membuat posisi Newcastle yang sempat naik, melorot lagi. Mereka kini turun ke peringkat 15.

Baca Juga: Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai Bangkit

2. Apa sebab kekalahan Newcastle ini?

Newcastle United Jeblok Lagi di Premier League, Gara-gara Apa?Arsenal menghadapi Newcastle United (skysports.com)

Kekalahan beruntun yang didapat Newcastle ini tak lepas dari perubahan permainan yang mereka lakukan. Ketika tidak terkalahkan pada Desember 2021 sampai 11 Maret 2022, Newcastle terbilang main reaktif. Mereka lebih senang bertahan.

Namun, di tiga laga terakhir, Newcastle justru mencoba untuk main aktif. Hal tersebut kentara terlihat saat mereka bersua Everton. Mereka coba tampil dominan, tetapi hal tersebut justru jadi bumerang bagi mereka.

Newcastle agaknya belum siap mengantisipasi ruang-ruang kosong yang ada di lini pertahanan, jika mereka memutuskan bermain terbuka. Selain itu, mereka juga harus mampu menangkis tekanan yang diberikan lawan. Hal itu yang gagal mereka lakukan di laga lawan Tottenham.

Newcastle kerepotan menghadapi tekanan ketat dari Tottenham, ditambah kelimpungan juga menghadapi serangan balik dari para pemain Tottenham. Alhasil, mereka kalah dengan skor telak di laga ini.

3. Newcastle harus lebih adaptif

Newcastle United Jeblok Lagi di Premier League, Gara-gara Apa?Goal.com

Sejatinya, agar bisa kembali merangkak naik ke papan tengah, Newcastle United hanya perlu bermain adaptif. Mereka mampu bermain bertahan dengan baik, juga sebenarnya punya potensi untuk mendominasi pertandingan.

Akan tetapi, Newcastle United harus tahu, kapan mereka main bertahan dan main dominan. Semua harus disesuaikan dengan lawan yang mereka hadapi. Salah menerapkan pendekatan, mereka bisa kalah telak lagi.

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Newcastle yang Mendadak Super

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya