Pabrik Kiper Kelas Dunia Bernama Atletico Madrid

Atletico Madrid jadi tempat kiper hebat mematangkan diri

Jakarta, IDN Times - Atletico Madrid sempat dikenal sebagai produsen dari penyerang-penyerang ganas. Sergio Aguero, Diego Costa, hingga Radamel Falcao, sempat mengasah diri dan mematenkan status masing-masing sebagai salah striker tertajam di Atletico, bahkan dunia

Namun, selain menjadi produsen striker tajam, Atletico ternyata juga menjadi pabrik dari dari kiper-kiper berkualitas. Sederet kiper tangguh lahir di Atletico, hingga akhirnya diminati klub-klub besar Eropa.

Berikut adalah kiper-kiper terbaik yang pernah dilahirkan Atletico, sejak dari era 1990-an hingga sekarang. Beberapa nama tersebut bahkan ada yang sudah membela klub besar macam Real Madrid atau Manchester United.

1. Kiper legendaris di medio 1990-an

Pabrik Kiper Kelas Dunia Bernama Atletico Madridelindependiente.com

Sejak era 1990-an, Atletico memang gemar menelurkan kiper tangguh. Pada masa 1980 hingga pertengahan 1990-an, Atletico pernah punya kiper hebat bernama Abel Resino dan Joao Francisco Molina.

Resino mencatatkan sejarah dengan tidak kebobolan selama 1.275 menit bersama Atletico. Dia juga mampu membawa Atletico meraih trofi Copa del Rey dua kali dan satu trofi Zamora (gelar kiper terbaik di Spanyol).

Sedangkan, Molina merupakan bagian dari skuad Atletico yang meraih double winners, yakni gelar LaLiga dan Copa del Rey, pada musim 1995/96. Molina juga mampu meraih trofi Zamora di musim yang sama.

Baca Juga: Insiden Tragis Renggut Nyawa Bocah Saat Atletico Juara

2. David De Gea, tangguh sejak belia

Pabrik Kiper Kelas Dunia Bernama Atletico MadridTwitter/ManUtd

Setelah era kiper Atletico di tahun 1990-an, David De Gea menjadi produk asli akademi yang menjanjikan pada masa milenium. Pada musim 2009/10, dia mendapatkan panggilan pertama masuk tim utama, setelah berkutat bersama Atletico B. Meski masih berstatus sebagai pengganti, kualitas De Gea sudah terlihat.

Pembuktia De Gea adalah final Liga Europa 2009/10. Kala itu De Gea tampil tangguh mengawal gawang Atletico dari gempuran para pemain Fulham. Memasuki musim 2010/11, kemampuan De Gea makin terlihat, terutama dalam derby Madrid pada 7 November.

Berkat kemampuannya, De Gea akhirnya hijrah ke Manchester United. Apiknya, bersama MU, De Gea makin berkembang dan menjelma salah satu kiper terbaik di Eropa.

3. Thibaut Courtois, terasah di Atletico usai dibuang

Pabrik Kiper Kelas Dunia Bernama Atletico Madridgoal.com

Setelah De Gea, Atletico kedatangan lagi kiper hebat bernama Thibaut Courtois. Secara status, dia cuma penjaga gawang pinjaman dari Chelsea. Namun, Courtois justru mampu menahbiskan diri sebagai penjaga gawang tangguh bersama Atletico.

Tiga musim di Atletico, Courtois sukses meraih trofi Zamora selama dua kali, yakni di musim 2012/13 dan 2013/14. Dia juga sukses membawa Atletico juara LaLiga serta menembus final Liga Champions di musim 2013/14.

Tidak cuma itu, Courtois juga masuk ke dalam skuad Atletico yang juara Liga Europa 2011/12. Sempat pindah ke Chelsea pada musim 2014/15, sekarang Courtois sudah kembali ke Madrid. Sayang, dia tidak membela Atletico, melainkan main untuk seterunya, Real Madrid.

4. Jan Oblak, tangan emas terkini Atletico

Pabrik Kiper Kelas Dunia Bernama Atletico Madridskysports.com

Terbaru, Jan Oblak jadi kiper yang mampu tampil menawan bersama Atletico. Selain mampu mengantarkan Atletico juara LaLiga 2020/21, secara individu, Oblak juga banyak meraih penghargaan.

Sejak musim 2014/15, kemampuan Oblak sudah diakui. Dia meraih lima kali trofi Zamora, musim 2015/16, 2016/17, 2017/18, 2018/19, dan 2020/21. Tidak cuma itu, Oblak juga mampu masuk ke The Best XI LaLiga dalam dua musim beruntun, 2015/16 dan 2016/17.

Berkat raihannya, Oblak sukses masuk ke jajaran kiper elite dunia, sekaligus menunjukkan Atletico tidak pernah kehabisan bakat berkualitas di bawah mistar gawang.

Baca Juga: Tangisan dan Komentar Sarkas Luis Suarez ke Barcelona

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya